Intel Compute Stick, Komputer Mini Seukuran Ibu Jari

Intel Compute Stick
Intel Compute Stick

AWAL tahun ini, Intel resmi memperkenalkan sebuah perangkat komputer mini yang dapat menjalankan Windows 8. Sebagaimana dikutip dari Selalu Tekno, komputer mini ini dinamakan Intel Compute Stick.

Intel Compute Stick berukuran sebesar flash disk atau ibu jari, dengan beberapa port layaknya PC konvensional. Ada port HDMI 1.4a yang berfungsi sebagai penghubung untuk menampilkan gambar pada layar, port USB untuk menghubungkan dengan keyboard atau mouse, serta port micro-USB untuk mempermudah transfer data.

Soal prosesor, Intel Compute Stick terbilang cukup canggih, yakni menggunakan Intel Atom 4 dengan memori 2 GB. Pengguna dapat melakukan berbagai aktivitas dan swapping dengan lag minimal. Dengan kapasitas penyimpanan hingga 32 GB, membuat komputer ini tak kalah dengan PC pada umumnya.

Intel Compute Stick akan hadir dengan dua versi. Versi pertama dengan sistem operasi Windows 8, dan yang kedua dengan sistem operasi Linux. Sayangnya spesifikasi yang ditawarkan pada versi Linux lebih rendah. Perangkat ini hanya memiliki kapasitas penyimpanan sebesar 8 GB dan RAM 1 GB.

Perangkat ini akan dipasarkan pada bulan Maret mendatang dengan harga US$ 150 atau sekitar Rp 1,9 juta untuk versi Windows dan US$ 90 atau sekitar Rp 1,1 juta untuk versi Linux. (ren)

You might also like

Comments are closed.