Ivan Hertanto: Pertahankan Rasa Original Masakan Jepang

Ivan Hertanto (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)
Ivan Hertanto (foto: Metro Semarang/Ade Lukmono)

SELERA setiap orang dalam hal masakan memang berbeda. Namun Ivan Hertanto, seorang chef di rumah makan Jepang, Kabuki Resto, memilih untuk tetap mempertahankan komposisi asli makanan dari mana makanan itu berasal.

Dia bertujuan memberikan edukasi pada masyarakat tentang rasa masakan yang original. “Kebanyakan makanan dari luar sudah dimodifikasi dengan bumbu Indonesia agar mudah diterima. Tapi saya tidak melakukan itu,” ujar pria berusia 35 tahun tersebut.

Menurutnya, makanan yang sudah dimodifikasi tersebut memang lebih cepat diterima masyarakat. Namun makanan tersebut tentu saja akan kehilangan originalitas dan rasa makanan dari resep aslinya.

Chef yang sekarang memiliki spesialisasi di bidang kuliner Jepang tersebut terkadang juga mengkreasikan makanan Jepang baru. “Resep itu nantinya juga akan saya kirimkan untuk dicoba di Los Angeles, Amerika Serikat. Jika mereka menyukainya, maka resep saya akan dipakai di sana,” kata dia.

Pengalamannya dalam dunia kuliner tersebut dia mulai sejak 1996 lalu di Amerika. Pada 2010, barulah dia kembali ke Indonesia dengan membawa idealismenya, yaitu memperkenalkan resep original dari tiap negara. “Teman saya malah susah memakan pizza ketika di Milan lantaran sudah terbiasa memakan pizza di Indonesia yang sudah dimodifikasi. Padahal pizza adalah makanan asli Italia,” kata dia heran. (ade)

You might also like

Comments are closed.