Jadi Tuan Rumah SEAKF, Semarang Makin Dikenal Dunia

METROSEMARANG.COM – Dalam Indeks Pariwisata Indonesia oleh Kementerian Pariwisata tahun 2016, Kota Semarang berhasil menduduki peringkat ke-5 tertinggi dengan nilai 3,59. Peringkat Kota Semarang berada di atas Kota Bandung yang ada di peringkat ke-7 dengan nilai 3,39 dan Kabupaten Banyuwangi dengan nilai 3,30.

Jenderal TNI Gatot Nurmantyo memberi semangat kepada para atlet karate Indonesia yang tampil di kejuaraan SEAKF 2017. Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi 

Pengukuran Indeks Persepsi Indonesia (IPI) tahun 2016 ditentukan oleh empat aspek utama penopang industri pariwisata, yaitu aspek lingkungan, tata kelola, potensi wisata, dan infrastruktur. Sejalan dengan prestasi tersebut, Kota Semarang pun semakin memperkuat eksistensinya dengan terus mencuri perhatian dunia.

Yang paling baru, dalam jangka waktu yang hampir bersamaan, Kota Semarang menjadi tuan rumah dua kegiatan bertaraf internasional. Kegiatan tersebut adalah Semarang International Folk Art Festival (SIFAF) 2017 dan South East Asia Karate Federation (SEAKF) Championship 2017.

Khusus untuk kompetisi karate SEAKF 2017 yang diselenggarakan di Kota Semarang tanggal 1-6 Mei 2017 ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kota Semarang. Ini karena sepanjang sejarah penyelenggaraan SEAKF, tahun ini merupakan kali pertama Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah, dan Kota Semarang yang dipilih sebagai tempat penyelenggaraan.

Untuk itu, Wali Kota Semarang, Hendrar Prihadi pun mengadakan ‘Welcome Party’ bagi perwakilan berbagai negara yang mengikuti kegiatan SIFAF 2017 dan SEAKF 2017 di Lawang Sewu, Semarang pada Rabu (3/5) malam.

Dalam ‘welcome party’ tersebut berbagai kesenian daerah dari perwakilan negara-negara yang mengikuti Semarang International Folk Art Festival (SIFAF) 2017 pun dipertunjukkan. Total ada 10 perwakilan negara selain Indonesia yang mengikuti dua kegiatan tersebut antara lain seperti Korea Selatan, Sri Lanka, Taiwan, Thailand, Singapura, dan Malaysia.

Dalam kesempatan tersebut, Wali Kota Semarang mengucapkan terima kasih kepada seluruh perwakilan negara yang telah mau datang ke Kota Semarang.

”Tentu saja ini menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi Kota Semarang di tengah upaya kami untuk melakukan lompatan besar dalam perkembangan Kota Semarang,” tutur Wali Kota yang akrab di sapa Hendi ini dalam rilis Humas Kota Semarang yang dikirim ke metrosemarang.com, Jumat (5/5).

“Kami sangat mengharapkan Anda semua mendapatkan pengalaman yang positif selama di Kota Semarang, untuk nantinya dapat mengajak teman-teman anda di sana untuk datang ke Semarang,” tambah wali kota.

Di tanggal 6 Mei 2017 nanti pun para perwakilan dari berbagai negara tersebut akan dipertunjukkan sebuah parade kesenian tahunan Kota Semarang bernama Semarang Night Carnival 2017. Parade kesenian malam hari tersebut merupakan salah satu upaya pemerintah kota untuk menjadikan Kota Semarang sebagai salah satu jujukan wisata dunia. (duh)

You might also like

Comments are closed.