Jadi World Heritage, Pemkot Harus Buktikan Kota Lama Punya Keunikan

METROSEMARANG.COM – Tim Ahli Cagar Budaya Jawa Tengah, Krisprantono, menyatakan Pemkot Semarang harus membuktikan Kawasan Kota Lama Semarang memang punya aspek keilmuan dan keunikan jika ingin menjadi world heritage atau warisan dunia oleh Unesco.

Kota Lama Semarang
Foto: metrosemarang.com/dok

”World heritage city Indonesia memang belum punya. Dan yang sudah siap (menjadi world heritage) di antaranya Kota Lama Semarang, Kota Tua Jakarta dan Sawah Lunto. Tapi Indonesia dan Kota Semarang harus membuktikan Kota Lama punya aspek keilmuan dan keunikan,” katanya, Senin (17/4).

Namun dia mengungkapkan, ada beberapa hal yang dapat diangkat oleh Pemkot Semarang sehingga diyakini bisa menjadikan Kota Lama sebagai warisan dunia. Yakni, kereta api pertama di Indonesia dibangun pertama kali di Kemijen, Semarang Utara. Dan kota benteng (benteng yang dulu mengelilingi Kota Lama) yang merupakan satu-satunya di Asia Tenggara.

”Namun semua itu harus ada pembuktian melalui riset penelitian yang sangat penting. Kota Lama juga tercatat sebagai kota penting dalam perdagangan dunia khususnya perdagangan gula. Dimana Kota Lama dulu pengeksport utama gula di dunia,” terangnya.

Selain itu jika memang pemkot ingin menjadikan Kota Lama warisan dunia, ia juga meminta pemkot harus menjaga keaslian dari Kota Lama dan mempunyai rencana pengembangannya ke depan. Yakni pengembangan yang sesuai dengan kaidah yang sudah ditetapkan Unesco.

”Jadi cukup rumit (untuk menjadi warisan dunia) karena melibatkan beberapa keilmuan,. Konsekuensinya setelah jadi world heritage juga harus membuat manajemen bagaiman pengembangan Kota Lama ke depan. Harus ada master plan yang harus diikuti oleh semua pihak,” tegasnya. (duh)

You might also like

Comments are closed.