Jalan di Kendal Rusak, Bupati Cantik Ini ‘Semprot’ Sopir Truk

METROSEMARANG.COM – Bupati Mirna Annisa berang saat mengetahui sejumlah jalan di Kendal rusak gara-gara truk galian C. Sang bupati cantik ini bahkan sempat menegur langsung sopir dump truk saat melakukan inspeksi mendadak di Jalan Sekopek, Kaliwungu, Selasa (14/6) siang.

Foto: metrojateng.com
Foto: metrojateng.com

Mirna prihatin dengan kondisi jalan yang rusak parah akibat dilalui dump truk dari penambangan galian C yang ada di Kaliwungu Selatan. Bupati meminta pengusaha dan pengelola galian C untuk memperbaiki jalan yang dilalui dump truk ini.

Saat melintas di jalan raya Sekopek Kaliwungu, bupati berhijab itu berhenti dan turun dari mobil dinasnya. Dia kemudian menghentikan dump truk bermuatan tanah galian C untuk diberi teguran dan imbauan.

Bupati meminta sopir truk untuk menaati kesepakatan, dengan menutup muatan menggunakan terpal. Selain itu sopir truk tidak mengangkut tanah galian melebihi kapasitas yang bisa mengakibatkan kerusakan jalan. Kondisi jalan yang kerap dilalui dump truk sendiri rusak parah dan berdebu akibat tanah galian yang tumpah ke jalan.

Melihat kondisi jalan yang rusak akibat penambangan galian C, bupati juga mengumpulkan pengusaha dan pengelola galian  yang menambang di wilayah kecamatan Kaliwungu Selatan di Balai Desa Protomulyo. Dalam pertemuan tersebut Mirna meminta pemeliharaan jalan yang rusak akibat dilalui truk pengangkut galian C menjadi tanggungjawab penambang.

“Sesuai perjanjian sebelum mendapatkan izin penambangan, pengusaha untuk bisa menaati dengan memperbaiki akses jalan yang dilalui truk pengangkut galian,” katanya.

Bupati menambahkan, langkah ini dilakukan karena banyak keluhan dari masyarakat sekitar areal penambangan karena jalan rusak dan berdebu.

Sementara itu Kepala Dinas Bina MargaSumber Daya Alam  Energi dan Sumber Daya Mineral, Agung Setiawan mengatakan untuk pemeliharaan jalan yang rusak sepenuhnya kewenangan pengusaha sesuai dengan kesepakatan saat pengajuan izin. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.