Jalan Rusak akibat Proyek Graha Candi Golf, Ratusan Warga Terancam Terisolasi

Salah seorang warga melintas di jalan rusak yang terkena imbas proyek pembangunan saluran air Perumahan Graha Candi Golf, Selasa (26/5). Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha
Salah seorang warga melintas di jalan rusak yang terkena imbas proyek pembangunan saluran air Perumahan Graha Candi Golf, Selasa (26/5). Foto: metrosemarang.com/achmad nurseha

SEMARANG – Beragam keluhan disampaikan oleh warga Kelurahan Jangli, Tembalang terkait imbas dari proyek pembangunan Graha Candi Golf yang belum lama ini beroperasi. Mereka mengeluhkan kerusakan jalan yang yang menjadi akses alat berat dari proyek tersebut.

Kerusakan paling parah terdapat pada jalan dari RT 6 RW 1 menuju RT 7, RT 9, dan RT 10 RW 1 Kelurahan Jangli. Sepanjang 25 meter jalan yang awalnya berpaving tersebut kini rata dengan tanah dan bergelombang.

Akibat dari kondisi jalan yang rusak parah dan licin penuh bebatuan, membuat masyarkat sekitar kesulitan saat melintas. Warga juga mengeluhkan jalan yang sudah rata dengan tanah tersebut juga berdebu.

“Sebetulnya kami senang kalau ada pembangunan seperti ini, jadi tambah ramai. Tapi kok jalannya malah jadi rusak parah, padahal jalan itu jalur utama dari RT 7, RT 9, dan RT 10 RW 1 menuju ke kota,” ucap warga RT 7 RW 1 Kelurahan Jangli, Naning Nuryanti (33).

Menurut Naning, kerusakan jalan yang menjadi akses ke rumahnya itu tidak hanya disebabkan seringnya alat berat yang melintas, melainkan tekstur tanah yang mengalami kelongsoran akibat banyaknya tanah yang sudah dikeruk.

“Jalan itu jaraknya dengan pengerukan proyek hanya sekitar 5 meter. Pagar di samping kiri jalan, kalau dari RT 6 menuju RW 7 juga kini sudah banyak yang retak dan longsor,” tandasnya.

Warga khawatir kerusakan jalan akan bertambah parah. Apalagi, jika kawasan tersebut diguyur hujan. Mereka berharap agar pihak terkait segera memberi solusi untuk permasalahan ini. (ans)

You might also like

Comments are closed.