Jamin Keamanan Final ISC B di Jepara, Polda Jateng Kerahkan 530 Personel

METROSEMARANG.COM – Jajaran Polda Jawa Tengah menjamin keamanan laga final Indonesia Soccer Championship (ISC) B yang digelar di Stadion Gelora Bumi Kartini Jepara, Kamis (22/12) mendatang. Selain mengerahkan 530 personel di dalam stadion, kepolisian juga menyiagakan anggota di seluruh polres jajaran yang akan dilintasi suporter menuju Jepara.

Foto: metrosemarang.com

Laga puncak ISC B antara PSS Sleman versus PSCS Cilacap dipastikan digelar di Jepara pada Kamis pukul 19.00. Sebelumnya, pertandingan final turnamen kasta kedua tersebut bakal dilangsungkan di Stadion Manahan Solo.

Kapolda Jawa Tengah, Irjen Condro Kirono mengatakan, pemindahan venue final ISC B harus dilakukan setelah pihak kepolisian dan Asprov PSSI Jateng memertimbangkan sejumlah aspek, khususnya keamanan. “Kami sudah melakukan kalkulasi pertimbangan keamanan. Harapannya pertandingan final bisa berlangsung sejuk dan aman. Dan akhirnya Jepara yang dipilih,” kata Condro Kirono kepada wartawan, Selasa (20/12).

Diakui Condro, hubungan yang kurang harmonis antara kelompok suporter Pasoepati Solo dan Brigata Curva Sud (BCS) Sleman juga menjadi salah satu pertimbangan serius pihak keamanan. “Kami sudah tmelakukan mediasi antara kedua kelompok suporter, tapi belum ada titik temu. Masih perlu mediasi lanjutan, padahal waktunya sudah sangat mepet,” imbuh perwira polisi yang juga menjabat anggota Exco PSSI ini.

Condro menambahkan, sebenarnya sempat ada opsi final tetap digelar di Manahan, tapi tanpa penonton. “Opsi ini kami kesampingkang, karena pertandingan sepakbola tanpa penonton tentunya juga kurang lengkap. Akhirnya diputuskan pertandingan digelar di Jepara karena Stadion GBK kami anggap memenuhi persyaratan untuk menggelar pertandingan malam hari,” bebernya.

Untuk memastikan keamanan pertandingan tersebut, lanjut tCondro, pihaknya bakal menyiagakan ratusan personel baik di dalam stadion maupun jalur yang akan dilalui suporter. Polda Jateng juga sudah berkoordinasi dengan Polda DIY untuk mengawal suporter yang akan menuju Kota Ukir.

“Untuk pengamanan di area stadion kami siagakan 530 personel, termasuk penambahan anggota dari Brimob Pati dan Polda Jateng. Kami juga koordinasikan kepada polres jajaran untuk pengawalan suporter yang akan menuju Jepara, sebelum dan sesudah pertandingan,” tegasnya.

Sementara, Ketua Asprov PSSI Jateng, Johar Lin Eng menegaskan, pihaknya sudah siaap menggelar laga penutup turnamen ISC B. “Kami optimistis Jawa Tengah bisa menjadi tuan rumah yang baik. Hal itu sudah dibuktikan pada saat kami menggelar babak 8 besar ISC U-21 maupun ISC B. Begitu juga dengan gelaran Liga Nusantara dan Piala Suratin,” tandasnya. (twy)

You might also like

Comments are closed.