Jamur, Penganan Lezat Anti Kanker

ilustrasi
ilustrasi

Menurut American Cancer Society, jamur memiliki komponen sehat yang baik untuk tubuh kita. Jamur dapat menurunkan kolesterol dan memperlambat perkembangan tumor yang berasosiasi dengan beberapa jenis kanker. Jamur juga dapat meningkatkan sistem sirkulasi protein dalam tubuh, disebut interferon, yang dapat mematikan virus hepatitis. Bagi Anda yang doyan ngemil, penganan berbahan dasar jamur dapat dijadikan cemilan tanpa membuat Anda takut gemuk. Sebab, jamur termasuk penganan rendah kalori.

Untuk mengolah jamur menjadi penganan yang nikmat, ada beberapa cara mudah yang dapat dicoba, seperti berikut ini:

  1. Dadar Jamur

Caranya : Kocok telur yang sudah dibubuhi sedikit garam. Lalu masukkan jamur tiram yang sudah dicuci sebelumnya. Kocok hingga jamur terendam dalam telur, lalu sisihkan. Siapkan wajan dengan sedikit minyak, goreng kocokan telur dan jamur. Tunggu hingga matang lalu sajikan.

  1. Jamur Goreng Crispy

Caranya : Cuci bersih jamur tiram. Siapkan 100 gram tepung terigu yang sudah ditambah sepucuk sendok teh baking powder. Panaskan minyak dengan api kecil, sementara balut jamur dengan tepung terigu, lalu goreng jamur. Tunggu hingga warnanya kuning keemasan, lalu angkat dan tiriskan di atas kertas penyerap minyak. Sajikan dengan saus cabe.

  1. Tumis Jamur

Caranya : Siapkan jamur tiram yang sudah dicuci dan disuwir. Iris 2 butir bawang merah, 1 butir bawang putih, laos, daun salam, cabe rawit secukupnya. Panaskan sedikit minyak di wajan. Setelah minyak panas, tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum, lalu masukkan cabe, laos dan daun salam, tunggu hingga layu. Kemudian masukkan jamur, aduk-aduk. Tambahkan sedikit garam dan saus tiram (dapat diganti gula pasir atau gula jawa), masak hingga layu lalu angkat, sajikan.

  1. Sup Jamur

Caranya : Haluskan 1 butir bawang putih dan beberapa butir merica, lalu tumis bumbu itu dengan sedikit minyak. Kemudian, masukkan bumbu yang sudah ditumis dalam panci yang berisi setengah liter air. Tunggu hingga air hampir mendidih, lalu masukkan jamur. Tambahkan garam dan gula secukupnya. Tunggu hingga air mendidih dan jamur tampak layu, lalu angkat dan sajikan.

Itulah beberapa cara mengolah jamur. Untuk mendapatkan jamur, tentunya tidak sulit. Harganya pun tidak mahal, sehingga penganan rendah kalori ini tidak akan bikin kanker  dalam tubuh maupun di dompet. (ren)

You might also like

Comments are closed.