Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Bertengkar dengan Pacar

ilustrasi
ilustrasi

 

Dalam setiap hubungan percintaan, bertengkar adalah hal yang wajar. Bahkan, pertengkaran dapat merekatkan hubungan pasangan. Namun, perlu diingat bahwa sebaiknya pertengkaran tak berlarut-larut maupun menimbulkan sakit hati pada pasangan. Selain itu, sebaiknya jangan pernah lakukan hal-hal berikut ini saat bertengkar :

1. Memukul

Sejengkel-jengkelnya Anda pada pasangan, tapi cobalah menahan diri untuk tidak melakukan tindakan fisik berupa kekerasan, seperti memukul, menampar atau bahkan mencekik pasangan. Hal ini akan meninggalkan trauma pada salah satu pihak dan mungkin saja berbuntut ke pengadilan.

2. Tertutup

Pertengkaran adalah salah satu waktu yang tepat untuk mengungkapkan apa yang Anda rasakan, entah sedih, senang maupun kecewa. Namun, cobalah untuk menyampaikan uneg-uneg Anda dengan lembut dan pelan. Setidaknya, biarkan dia tahu apa yang Anda rasakan.

3. Merendahkan Pasangan

Hindarilah untuk memaki pasangan dengan kata-kata yang merendahkannya, seperti pemalas, tolol, pengecut, dan lain sebagainya. Jika Anda ingin mengkritik, kritiklah perilakunya bukan karakternya. Hindari pula mengkritik pasangan di depan teman-temannya. Hal ini bisa membuat wibawanya jatuh di depan teman-temannya.

4. Jangan menyela

Mendengarkan merupakan suatu kegiatan yang jarang sekali bisa dilakukan dengan baik, karena orang selalu punya kecenderungan untuk menyela. Saat bertengkar, usahakan untuk mendengarkan apa yang disampaikan pasangan Anda. Cara ini bisa membuat pasangan merasa dihargai dan dipercaya.

5. Hindari mau menang sendiri

Meski sulit, namun berusahalah untuk bersikap terbuka dan mengalahkan ego saat sedang bertengkar dengan pasangan. Jika Anda tetap bertahan pada ego, maka pertengkaran tak kunjung selesai, bahkan bisa memperburuk hubungan. Terapkan prinsip win-win solution demi menyelesaikan masalah dan mengakhiri pertengkaran. (ren)

 

You might also like

Comments are closed.