Jarak Terlampau Jauh, 19 SMA di Jateng Gagal Ikut UNBK

METROSEMARANG.COM – Gara-gara jarak yang terlalu jauh, sebanyak 19 sekolah menengah atas (SMA) di Jawa Tengah gagal mengikuti serangkaian tes Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Kesembilan belas sekolah yang dimaksud itu berada di Kabupaten Purworejo, Kabupaten Semarang, Kabupaten Demak dan Kabupaten Tegal.

Kunjungan Plt Gubernur Jateng, Sekda Provinsi Jateng dan Kadisdik Jateng di SMA N 9 Semarang, Senin (9/4). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

“Jauh dari sekolah lain, UNBK tidak harus punya komputer, bisa ke sekolah lain, tapi ini jauh, dan belum punya komputer. Yang kedua, kuota tempat sekitar habis, misal SMA di Sayung kuota habis, jumlah komputer tidak sesuai,” terang Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jawa Tengah, Gatot Bambang Hastowo, tatkala memantau UNBK hari pertama di sejumlah sekolah di Semarang, Senin (9/4).

Ia menerangkan jumlah SMA yang tersebar di wilayahnya terdapat 1.486 sekolah. Untuk total siswanya mencapai 185.173 jiwa. Namun, di tahun ini, prosentase sekolah yang bisa ikut UNBK baru sekitar 98,74 persen.

Ia mengaku jarak yang jauh memang menjadi hambatan utama bagi sekolah yang ikut UNBK pada 2018. Padahal ujar Gatot, jika satu sekolah belum punya komputer bisa menggunakan fasilitas sekolah terdekat.

Walau begitu, untuk pelaksanaan UNBK hari pertama belum ada laporan gangguan teknis apapun. Untuk antisipasi pemadaman listrik selama ujian berlangsung, pihaknya mengklaim telah berkoordinasi dengan PLN tiap daerah. Wujudnya seluruh sekolah harus menyiapkan genset.

Pelaksana tugas Gubernur Jawa Tengah, Heru Sudjatmoko menjelaskan ada 1.038 siswa di 19 SMA itu yang tetap mengikuti ujian secara tertulis atau Ujian Nasional Kertas dan Pensil (UNKP).

Ia yang ikut memantau UNBK hari pertama di SMAN 9 dan SMAN 4 Semarang bersama Sekda Provinsi Jateng, Sri Puryono, menguraikan di wilayahnya, jumlah SMK yang ikut UNBK sudah 100 persen.

“Sedangkan SMA di Jateng masih kurang 1,26 persen atau 19 sekolah yang belum UNBK,” kata Heru. (far/ade)

You might also like

Comments are closed.