Jasa Marga Klaim Angka Kecelakaan di Tol Semarang Turun Drastis

Kecelakaan bus Sang Engon pada Februari 2015 silam. Foto: metrosemarang.com/dok
Kecelakaan bus Sang Engon pada Februari 2015 silam. Foto: metrosemarang.com/dok

METROSEMARANG.COM – PT Jasa Marga Semarang mengklaim tingkat kecelakaan lalu lintas di lima gerbang jalan tol selama 2015 lalu, turun drastis. Perusahaan layanan jalur bebas hambatan itu menyebutkan jika angka kecelakaan lalu lintas pada tahun lalu hanya ada 20 kejadian, dibanding 2014 masih 29 kejadian.

Traffic Manajemen Manager PT Jasa Marga Cabang Semarang M Irwan Danus, mengatakan, di tahun 2015 ada peristiwa kecelakaan lalu lintas di jalan tol menewaskan dua orang. “Tapi dibandingkan tahun sebelumnya jumlah ini turun,” kata Irwan, Minggu (3/1).

Penurunan angka kecelakan lalu lintas karena ada penindakan ketat kepada truk pengangkut pasir yang masuk ke jalan tol. Tidak saja menekan angka kecelakaan lalu lintas, namun tindakan tegas kepada pengemudi truk yang mengangkut barang over kapasitas juga mampu mengurangi tingkat kerusakan jalan.

Dalam rentang waktu Januari-Desember 2015, kata Irwan, terdapat satu kecelakaan besar yang jadi sorotan berbagai media massa di seluruh Indonesia. Yakni, kecelakaan maut bus Sang Engon memuat jemaah pengajian yang melaju dari arah barat menuju Surabaya pada Februari 2015.

Laka maut Sang Engon, menurutnya, disebabkan kelalaian pengemudi yang melaju dengan kecepatan tinggi dan mengangkut penumpang yang melebihi kapasitas. “Itu termasuk kategori insiden khusus,” lanjutnya.

Kecelakaan di jalan tol yang paling sering terjadi di titik Km 10-11 arah Kaligawe. Di 2013 dan 2014, 80 kecelakaan melibatkan truk bermuatan meterial. Hal ini disebabkan pengemudi tidak bisa melaju dengan kecepatan yang ditentukan. Harusnya 60 km/jam, tapi truk muatan itu hanya bisa 40-50 km/jam.

Ke depan, Jasa Marga bakal memasang fasilitas rambu-rambu lalu lintas dan memperbanyak penerangan jalan umum (PJU) di sepanjang jalan bebas hambatan menuju Semarang Selain itu, akan ada juga penertiban angkutan barang yang masuk di tiap gerbang tol. (far)

You might also like

Comments are closed.