Jateng Gagal Capai Target Konsumsi Ikan

METROSEMARANG.COM – Pemerintah Provinsi Jawa Tengah gagal mencapai target tingkat konsumsi ikan. Pasalnya, menurut Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Sri Puryono, jumlah ikan segar yang dikonsumsi warganya baru mencapai kisaran 26 ribu kilogram per kapita per tahun.

Peringatan Hari Ikan Nasional di Gubernuran, Minggu (3/12). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kondisi tersebut jauh di bawah target yang dicanangkan secara nasional yakni sebanyak 31 kilogram per kapita per tahun.

“Tingkat konsumsi ikan di Jawa Tengah masih di bawah rata-rata target nasional. Sebab, wilayah kita baru mencapai 26 ribu kilogram per kapita per tahun di tahun 2016 kemarin bila dibanding target nasional seharusnya 31 ribu kilogram per kapita per tahun,” ungkap Sri saat merayakan Hari Ikan Nasional keempat di Gubernuran, Jalan Pahlawan, Semarang, Minggu (3/12).

Karena itulah, ia tak henti-hentinya akan terus mengajak warganya untuk gemar mengonsumsi ikan segar. Selain komoditas tersebut rendah koresterol serta kaya protein, mengonsumsi ikan juga punya manfaat yang bagus untuk pertumbuhan anak-anak dan kesehatan ibu hamil.

Ia menyebut ikan segar yang dikonsumsi tiap hari memiliki kandungan protein sampai 13 persen. Kemudian kandungan kalsiumnya juga banyak ditambah glukosa, vitamin B2, B1A dan vitamin A.

“Memakan olahan ikan tiap hari tentunya mampu mendongkrak perekonomian daerah,” terangnya seraya menambahkan bahwa, jumlah produksi ikan segar di Jateng kini kurang lebih ada 395 ribu ton. Sedangkan volume ekspornya sekitar 65,3 ribu ton.

Saat perayaan Hari Ikan pada 2017, juga dimeriahkan ragam menu olahan ikan yang disajikan sebanyak 10 ribu porsi. Warga yang berolahraga di car free day (CFD) pun leluasa mencicipi olahan ikan mulai dari sosis, bakso, otak-otak, sup kakap hingga kakap goreng.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Lalu Muhammad Syafriadi mendorong peran aktif warganya untuk mendukung gerakan makan ikan nasional

Ia mengklaim konsumsi ikan bisa memperpanjang usia produktif dan punya khasiat yang bagus bagi ibu hamil. (far)

You might also like

Comments are closed.