Jauh-jauh Datang dari Amerika, Bule Ini Ingin Belajar Islam di Semarang

METROSEMARANG.COM – Semangat Ramadan ternyata tak hanya dimiliki oleh orang yang tinggal di negara mayoritas muslim. Adalah Abdu Isakov, bule asal Amerika ini jauh-jauh ke Semarang untuk mengaji selama Ramadan.

Abdu Isakov (kanan) Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri
Abdu Isakov (kanan)
Foto: metrosemarang.com/yulikha elvitri

Di pondok Madrosatul Qur’anil Aziziyah Abdu Isakov belajar menghafal Alquran. Pondok pimpinan Nur Azizah yang terletak di Beringin, Ngaliyan Semarang Barat ini memang khusus untuk menghafal Alquran.

Abdu sudah lebih dari dua minggu lalu berada di Pondok Aziziyah. Ia mengaku sempat mengalami kesulitan pada awalnya. Namun lama kelamaan ia mulai bisa beradaptasi.

For the first time its very difficult, but now is not difficult anymore,” ungkap Abdu kepada metrosemarang.com, Selasa (21/6).

Ia mengaku akan berada di Pondok Aziziyah sampai tanggal 25 Juni nanti. Sejauh ini Abdu mengaku sudah bisa beradaptasi ditambah lagi dengan sudah makin banyak santri di pondok yang dikenalnya. Salah satu temannya di pondok adalah Manarul Lubab yang bisa berkomunikasi dengannya.

“Ya, even different language, but its fun to talk with Lubab,” imbuh Abdu.

Hal tersebut dibenarkan Lubab bahwa Abdu sudah sedikit mengerti kosakata bahasa Indonesia. Ia bahkan sudah paham arti kata modus yang biasa para santri ucapkan saat bercanda.

“Untuk jumlah katanya kurang tahu, paling terima kasih, makan, yang gampang-gampang,” terang Lubab.

Sebagai santri baru, Abdu memiliki jadwal mengaji lebih padat dari pada santri lainnya. Tetapi hal ini tidak menjadi masalah untuknya. Hal ini karena ia santri baru sehingga ia harus belajar lebih giat. “I’m new here, so i must study hard,” pungkas Abdu. (vit)

You might also like

Comments are closed.