Jelang Arus Mudik, Polisi Temukan Pengait Bantalan Rel KA Copot

METROSEMARANG.COM – Aparat Kepolisian Sektor Semarang Timur menemukan pengunci bantalan rel kereta api di palang pintu Jalan Cilosari, Kelurahan Kemijen. Fakta tersebut terungkap tatkala aparat Polsek Semarang Timur mengecek langsung kesiapsiagaan jalur perlintasan dalam menghadapi arus mudik Lebaran.

Pengecekan jalur kereta di Kemijen, Rabu (7/6). Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Kapolsek Semarang Timur Iptu Agil Widyas Sampurna mengatakan dirinya mengajak serta para anggota Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) untuk turun ke lapangan guna mengecek kondisi kelayakan jalur perlintasan kereta di Kemijen.

“Kami menemukan pengunci bantalan rel hilang dan terlepas. Tetapi kami belum mengetahui hilangnya kunci bantalan ini disebabkan dicuri atau lepas dari bantalan akibat memuai,” ungkap Agil, Rabu (7/6).

Ia mengaku langsung menyusuri jalur perlintasan bersama anggotanya ke lapangan. Dugaan sementara, hilangnya kunci pengait bantalan rel karena terdapat kecelakaan di jalur perlintasan kereta api.

“Ini membahayakan karena tanpa kunci pengait menyebabkan bantalan menjadi tidak kuat, sehingga rawan kecelakaan. Kita akan memperkuat koordinasi secepatnya agar tidak terjadi kejadian terburuk,” bebernya.

Pengecekan terbagi dua tahap. Satu rombongan menuju rel yang berada di atas dan rel yang berada di bawah. Ini penting memastikan keamanan perjalanan kereta api saat musim arus mudik nanti.

“Penyisiran ini kita lakukan untuk mengetahui sejauh mana kondisi rel yang akan dilewati kereta api saat arus muduk dan balik lebaran nanti. Sehingga nanti dapat menekan angka kecelakaan kereta,” terangnya. (far)

You might also like

Comments are closed.