Jelang Eksekusi Mati Jilid III, Lapas Nusakambangan Tambah Kamera Pengintai

METROSEMARANG.COM – Berbagai persiapan menjelang pelaksanaan eksekusi mati tahap ketiga terus dilakukan pengelola Lapas Nusakambangan di Cilacap. Mereka, selain membenahi beberapa fasilitas di dalam lapas, juga memperbanyak pemasangan kamera pengintai (CCTV) di tiap sudut sel tahanan.

Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Jawa Tengah Bambang Sumardiyono mengaku, pemasangan kamera pengintai kini dilakukan merata di tiap sudut penjara.

Ilustrasi
Ilustrasi

Selain itu, ia bilang kini terus membenahi pengamanan di dalam penjara termahsyur di Pulau Jawa tersebut. Tapi ia berkilah bahwa apa yang dilakukan pengelola lapas hanya untuk mempersiapkan eksekusi mati tahap ketiga.

“(Pengamanan) tetap kita maksimalkan. Utamanya dibantu alat sarana dan prasarana. Kamera CCTV sudah semuanya kita pasang, ” kata Bambang saat dimintai keterangan soal pelaksanaan eksekusi mati jilid III, Senin (9/5).

Soal kepastian jadwal eksekusi mati tahap ketiga, ia mengklaim belum tahu lebih jauh. Kapan waktunya ia juga belum bisa membeberkan kepada publik.

Meski begitu, ia menekankan jika rutinitas membenahi Lapas Nusakambangan merupakan hal biasa. “Jadi, kita garis bawahi kita belum mendapatkan kepastian soal itu (eksekusi mati),” paparnya.

Pemasangan kamera pengintai di Nusakambangan, lanjutnya, semata-mata hanya untuk membantu penjaga penjara yang kini jumlahnya sangat terbatas khususnya di sel-sel yang ditempati terpidana kasus berat.

Di Lapas Batu, ia melihat kini cuma dijaga delapan sampai sembilan personel. Padahal, menurutnya, itu harus dijaga 15 personel agar dapat melakukan pengamanan berlapis. “Itu belum termasuk lapas lain disini,” tambahnya.

Sedangkan berdasarkan informasi yang didapatkan sementara ini, Jaksa Agung, HM Prasetyo juga belum menentukan jadwal eksekusi mati jilid III. Ia hanya memberikan clue jika semua persiapan regu tembak kini sudah dilakukan.

Regu tembak dari Brimob Polda Jateng lagi-lagi dipercaya untuk mengeksekusi 13 terpidana mati. Metrosemarang.com sebelumnya memberitakan kalau beberapa terpidana telah diangkut ke Nusakambangan untuk menghadapi eksekusi mati. (far)

You might also like

Comments are closed.