Jelang Misa Natal, Tim Jibom Polda Jateng Sisir Gereja di Semarang

METROSEMARANG.COM – Tim Penjinak Bom (Jibom) Polda Jawa Tengah gelar sterilisasi sejumlah gereja di Semarang, Minggu (24/12) sore. Hal tersebut dilakukan menjelang misa natal yang akan dilaksanakan malam nanti.

Foto: metrosemarang.com/efendi mangkubumi

“Ini gereja keempat yang kami lakukan sterilisasi, kami sudah lakukan di beberapa gereja di Banyumanik,” ujar Komandan Jibom Polda Jawa Tengah, Kompol Maskudori di Gereja Katedral. 

Sebelumnya, timnya telah melakukan sterilisasai di tiga gereja diantaranya Gereja Santa Maria Fatima, Banyumanik, Gereja Atmodirono, dan Gereja HKBP Kertanegara Semarang. Dalam sterilisasi kali ini, tim penjinak bom tidak menemukan adanya barang-barang yang mencurigakan dan bisa mengganggu kenyamanaan jemaat saat melakukan ibadah nanti.

“Kami di Semarang ada dua tim, setiap tim beranggota 10 personel. Kami melakukan patroli di gereja-gereja yang menjadi pusat ibadah,” imbuh Maskudori.

Selain itu, di Jawa Tengah sendiri ada sebanyak enam Tim Jibom yang tersebar di beberapa wilayah. Mereka melakukan sterilisasi di gereja-gereja yang menjadi pusat di setiap wilayah di Jawa Tengah dengan peralatan lengkap.

“Kami membawa peralatan lengkap, termasuk alat penjinak dan pelindung jika nanti misalnya ditemui ada bahan peledak. Kami awal melakukan sterilisasi dulu, kemudian patroli akan tetap kami lakukan sampai Senin (25/12),” pungkas Maskudori.

Sementara itu, Romo Aloysius Luhur Pribadi yang akan memimpin Misa Natal nanti mengatakan, di Geraja Katedral Semarang diperkirakan akan dihadiri sekitar 5 ribu jemaat pada sesi pertama dan sekitar 1.500 jemaat pada sesi kedua.

“Nanti juga sepertinya bakal kedatangan pak Gubernur Ganjar Pranowo sekitar jam 19.15 nanti,” pungkas Luhur. (fen)

You might also like

Comments are closed.