Jelang Pilwakot, Parpol Masih Adem Ayem

image
Kota Semarang bakal mencari pemimpin baru di 2015, tapi sampai saat ini belum ada pergerakan dari parpol untuk mengusung calonnya. Foto Metrosemarang/MS-01

SEMARANG – Jelang pendaftaran calon walikota dan wakil walikota 2015, suhu politik di Kota Semarang masih adem. Belum ada calon pemimpin Ibu Kota Jawa Tengah ini yang muncul. Hampir semua partai politik juga belum melakukan persiapan. Sementara KPU Kota Semarang sudah mengumumkan pendaftaran calon walikota dan wakil walikota dibuka mulai 6 – 12 Januari mendatang.

Menurut Ketua DPC PDIP Kota Semarang Hendrar Prihadi, pihaknya masih menunggu DPP (dewan pengurus pusat) karena kewenangan untuk menentukan siapa yang akan maju Pilwakot adalah DPP. Ia tidak tahu apakah dirinya juga akan kembali ditunjuk oleh DPP untuk maju lagi sebagai calon walikota 2015. Terkait pilwalkot dirinya menunggu keputusan resmi dari pengurus pusat partai.

Namun DPP diyakini juga masih menunggu keputusan Rancangan Undang-Undang Pemilihan Kepala Daerah (RUU Pilkada) yang mengatur mekanisme pemilihan kepala daerah. Keputusan RUU Pilkada tersebut baru diputuskan DPR RI sore kemarin. ‘’Jadi saya sendiri tidak tahu apakah partai akan mencalonkan saya lagi pada pilwakot,’’ katanya Kamis (25/9/2014).

Hendi, sapaan akrabnya, yang juga Walikota Semarang mengatakan, dirinya juga belum memiliki gambaran calon wakil walikota yang mendampingi, jika nantinya ditunjuk partai maju sebagai calon walikota. Seperti dari latar belakang profesional, birokrat, pengusaha, atau apakah dari politisi. Semua itu akan ditentukan jika sudah ada keputusan dari partai yang menaunginya.

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua DPD PKS Kota Semarang Agung Budi Margono. Menurutnya, keputusan atas RUU Pilkada sangat berpengaruh dalam perkembangan politik di Kota Semarang, termasuk dalam peta politik Pilwakot 2015. Oleh karena itu partainya juga masih menunggu perkembangan di pusat. 

Meski menunggu, DPD PKS Kota Semarang telah melakukan persiapan menuju Pilwakot. Tanggal 13 September pihaknya menggelar jejak pendapat kader terkait langkah politik PKS di Pilwalkot 2015 nanti. ‘’Saat ini masih dalam tahap rekapitulasi tentang pandangan kader soal pilwakot. Hingga kini kami belum mengambil keputusan, tapi ada kecenderungan mengusung calon,’’ katanya.

Wakil Ketua DPRD Kota Semarang itu menegaskan, terkait koalisi dan nama calon yang diusung, PKS masih menunggu putusan RUU Pilkada. Termasuk arahan dari DPP. ‘’Sekali lagi, kami masih menunggu dinamika politik di pusat. Semua tahapan juga akan kami laksanakan secara terbuka sesuai amanah Musda tahun 2010 yang memutuskan akan mendorong kader untuk maju di Pilwakot,’’tegasnya. (MS-13)

You might also like

Comments are closed.