Jelang Pra-Porprov, KONI Semarang Gelar Workshop Kepelatihan

METROSEMARANG.COM – Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kota Semarang menggelar workshop dan penataran untuk pelatih cabor yang akan diterjunkan di babak kualifikasi Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jateng. Kegiatan yang berlangsung di Hotel Andelir ini merupakan salah satu upaya mewujudkan target juara umum Porprov 2018.

Rubiyanto Hadi saat memberi materi workshop kepelatihan KONI Kota Semarang di Hotel Andelir, Jumat (25/8). Foto: metrosemarang.com

Pelaksana Tugas (Plt) Sekretaris Umum KONI Kota Semarang, Sigid Widiyanto mengatakan, sebanyak 50 pelatih turut ambil bagian dalam workshop yang akan berlangsung selama dua Hari, Jumat-Sabtu (25-26/8).

“Para pelatih kami bekali penataran tingkat dasar dan lanjutan sesuai dengan petunjuk pelaksanaan dan petunjuk teknis yang ada di panduan kepelatihan. Ini juga merupakan rangkaian persiapan menghadapi Pra-Porprov, karena kami ingin meloloskan atlet sebanyak-banyaknya ke Porprov 2018,” kata dia.

Dua dosen Universitas Negeri Semarang, Arif dan Rubiyanto Hadi dihadirkan sebagai narasumber. Nama terakhir merupakan mantan atlet gulat dan palatih nasional di SEA Games Myanmar 2013. Keduanya memberikan materi psikologi kepelatihan, program latihan mandiri, dan program menumbuhkan mental bertanding atlet.

Sementara, Wakil Ketua KONI Kota Semarang, Heru Supriyono dalam sambutannya mengatakan, workshop tersebut diharapkan mampu meningkatkan kualitas pelatih untuk mendongkrak prestasi atlet Kota Lumpia. “Seorang pelatih dituntut tahu metodologi kepelatihan, harus paham aspek fisik, teknis, taktis dan mental. Dengan begitu akan melahirkan atlet yang berkualitas,” paparnya.

Sejauh ini atlet Kota Semarang sudah 60 persen siap tempur di Pra-Porprov yang akan dilaksanakan Oktober-November. Di Porprov Jateng, kontingen Kota Semarang mencanangkan target untuk keluar sebagai juara umum. Sigid optimistis hal ini bisa diperoleh mengingat beberapa cabang unggulan sudah dipetakan untuk meraih emas.

Sementara, anggota Komisi D DPRD Kota Semarang, Diah Arimurti yang hadir dalam pembukaan acara berharap para pelatih bisa menularkan sikap sportivitas kepada atlet dalam Pra Porprov mendatang.

”Kami sangat mendukung acara ini sebagai wujud kaderisasi ilmu kepelatihan yang baik bagi olahraga di Kota Semarang,” kata dia. (twy)

You might also like

Comments are closed.