Jelang Puasa, Harga Bawang Putih dan Lombok Setan Melesat Naik

METROSEMARANG.COM – Seolah sudah menjadi tradisi, setiap kali menjelang bulan Puasa harga kebutuhan pokok di pasaran selalu naik. Seperti yang terjadi pada harga bawang putih dan cabai rawit atau lombok setan di Pasar Peterongan Kota Semarang. Saat ini harga dua komoditas itu telah meroket naik.

Pedagang sembako di Pasar Peterongan menunggu pembeli. Saat ini harga bawang putih dan lombok menjelang puasa di pasar tersebut meroket naik, Rabu (10/5). Foto: metrosemarang.com/masrukhin abduh

Harga bawang putih di pasar rakyat tradisional tersebut dijual sebesar Rp 60 ribu per kilogramnya. Naik dua kali lipat dari harga normal yang hanya Rp 30 ribu per kilogram. Sedangkan harga lombok setan dijual Rp 70 ribu dari sebelumnya hanya seharga Rp 60 per kilogram.

”Kenaikan harga ini sudah terjadi hampir sepekan terakhir, penyebabnya karena permintaan meningkat meski stoknya masih aman,” kata salah seorang pedagang, Eko Martinah, Rabu (10/5).

Selain bawang putih dan lombok setan, kenaikan harga juga terjadi pada ayam potong dan telur ayam. Harga ayam potong dari Rp 27 ribu kini mencapai Rp 32 ribu per kilogramnya. Sementara telur ayam kini telah mencapai harga Rp 22 ribu dari yang sebelumnya Rp 17 ribu per kilogram.

”Lombok merah kriting naik dari sebelumnya Rp 20 ribu menjadi Rp 35 ribu per kilogram. Lainnya sayuran juga ikut naik seperti wortel naik Rp 1000, kentang dari Rp 13 ribu menjadi Rp 15 ribu dan jeruk nipis,” kata pedagang lainnya, Sriyani.

Sementara Kepala Dinas Perdagangan Kota Semarang Fajar Purwoto mengakui, dari hasil pantauannya di sejumlah pasar tradisional termasuk Pasar Peterongan harga kebutuhan pokok cenderung naik. Seperti harga telur ayam naik Rp 500 -Rp 1.000 per kilogram dan daging sapi naik Rp 5.000 per kilogram, menjadi sekitar Rp 109 ribu-Rp 111 ribu per kilogram.

”Kami akan terus melakukan monitoring dan melakukan upaya agar harga-harga kebutuhan pokok menjelang puasa stabil,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.