Jelang Ramadan, Pasar Dargo Digelontor Beras dari dari Jawa Timur

SEMARANG – Sejumlah pedagang Pasar Induk Dargo Semarang optimistis mampu mencukupi ketersediaan beras bagi masyarakat setempat selama Ramadan 1439 Hijriyah. Pasalnya, mereka mengaku belakangan ini mendapatkan kiriman beras dalam jumlah melimpah dari sejumlah daerah lumbung padi di Jawa Timur.

stok beras lebaran
Staf Khusus Menteri Perdagangan, Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana saat meninjau Pasar Induk Beras Dargo. (foto: metrojateng.com/Fariz Fardianto)

“Saya dapat kiriman beras secara rutin dari sebagian wilayah Kabupaten Sragen dan Jawa Timur mencapai 40 ton lebih. Malahan, ketika saya minta tambahan 12 ton lagi, pemasok kita yang ada di sana masih bisa mengirimkan barangnya,” ujar Andreas Suparjono, seorang pedagang beras saat ditemui di kiosnya Blok C, Pasar Dargo, Jalan Dr Cipto, Kamis (26/4).

Ia mengaku lega dengan melimpahnya pasokan beras saat ini. Karenanya, ia berani menjamin bahwa ketersedaan beras bakal aman sampai Ramadan tiba. Menurut Andreas dalam rentang waktu Desember sampai Februari harga beras cenderung stabil. Ia bilang harga beras berbagai jenis saat ini berkisar pada angka Rp 8.500 per kilogram-Rp 9.500 per kilogram.

Staf Khusus Menteri Perdagangan, Bidang Hubungan Antar Lembaga dan Sarana Perdagangan, Eva Yuliana mengimbau masyarakat Jawa Tengah tak perlu khawatir dengan pasokan beras selama Ramadan. Harganya saat ini masih dibawah HET yakni Rp 9.000-Rp 9.200 per kilogram.

“Rata-rata beras yang dijual di sini kualitasnya cukup bagus dan pulen kalau dimasak. Karena di Jawa Tengah terdapat beberapa kabupaten sentra beras, maka saya lihat persebarannya cukup bagus dan tercukupi,” tuturnya saat meninjau Pasar Dargo.

Tak hanya itu saja, ia juga mengungkapkan stok beras yang melimpah juga bisa dimanfaatkan oleh Pemprov Jawa Tengah untuk membantu daerah lain yang kekurangan pangan. “Wilayah ini bisa mengirim beras antar kabupaten maupun antar pulau. Mengingat harganya stabil dengan stok yang masih tercukupi,” tandasnya. (far)

 

Comments are closed.