Jenazah WNI Korban Gempa Taiwan Dipulangkan ke Temanggung

METROSEMARANG.COM – Jenazah Elisabeth Sami yang menjadi korban gempa Taiwan yang terjadi pertengahan Februari 2016, akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya di Temanggung, Minggu (27/3).

Kepala Dinas Tenaga Kerja Transmigrasi dan Kependudukan (Disnakertransduk) Jateng Wika Bintang mengatakan Elisabeth merupakan satu-satunya WNI yang tewas saat gempa meluluhlantakan Kota Tainan di Taiwan Februari kemarin.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Saat ini, kami sedang membawa pulang jenazah Elisabeth Desa Larangan RT 06/RW I Kecamatan Tludung Temanggung,” kata Wika saat melakukan proses serah terima jenazah di Cargo Bandara Internasional Ahmad Yani Semarang.

Elisabeth yang meninggal di usia 46 tahun ini meninggalkan seorang putra bernama Andreas Elisabeth. Kini anak korban tengah menunggu kedatangan jenazah di rumah duka.

“Kami mengembalikan jenazah korban yang ditemukan tewas saat gempa mengguncang Tainan Ibukota Taiwan. Mudah-mudahan tidak ada yang memberatkan dia,” ujarnya sembari menambahkan bahwa pemulangan jenazah didampingi oleh petugas Kemenlu dan Kemenaker dari Jakarta.

Ia menjelaskan pemulangan jenazah butuh proses lama karena baru ditemukan lima hari pasca kejadian. Saat kejadian, kata Wika, awalnya hanya ditemukan barang-barang milik korban. Lalu diambil tes DNA dari anaknya.

“Setelah dicocokkan sesuai dengan identitasnya baru dipulangkan ke sini. Tapi ini tergolong cepat karena kami tak punya hubungan diplomatik dengan Taiwan,” paparnya. (far)

You might also like

Comments are closed.