Jenis Playlist Lagu Paling Pas saat Bekerja

JIKA Anda bekerja di depan laptop, sambil mendengarkan lagu dalam sebuah playlist, jenis musik seperti apa yang Anda pilih?

Seperti biasa, saat bangun tidur, saya membuat pertanyaan yang “harus” terjawab hari ini. Pertanyaan tadi pagi, “Playlist lagu seperti apa yang bisa menemani saya bekerja di depan laptop?”. Bisa lama, bisa sebentar, dan harus cocok dengan semua suasana.

Saya memulai eksperimen dengan menyusun playlist berdasarkan genre yang saya sukai. Tidak berhasil. Saya tidak punya genre favorit, asalkan enak didengarkan saat ini, saya suka. Kalaupun ada 100 lagu yang paling saya dengar, biasanya saya berlarut-larut dengan apa yang sedang saya dengar. Berbahaya untuk pekerjaan.

piano

Mood saya di depan laptop selalu berubah. Kalau sedang menyelesaikan pekerjaan, harus cepat. Kalau sedang belajar, tidak ada deadline. Yang jelas, semua orang dituntut bekerja dengan asyik, produktivitas menaik.

Menyusun playlist berdasarkan mood, tidak berhasil. Apa yang saya lakukan di depan laptop selalu berupa pekerjaan tegang dan pekerjaan kreatif. Kadang saya harus upgrade website dalam waktu 5 menit, kadang bisa berjam-jam menuruti apa yang sedang saya pelajari.

Sampai lama, akhirnya saya menemukan jenis playlist yang cocok untuk segala suasana dan tidak mengganggu pekerjaan saya.

Cari saja di YouTube, original sound track (OST). Tidak sembarang jenis film. OST film seri action, tepatnya. Coba OST serial “Black List” yang berjaya di sebuah televisi swasta Amerika. Ada 96 lagu untuk serial 3 season.

Ini playlist yang saya download :

Saya menggunakan youtube-dl di Kali Rolling 2016 untuk memasukkan playlist dan memilih format audio terbaik, kemudian dengan sebaris perintah, semua saya download ke dalam sebuah folder.

Jika tidak terbiasa memakai Terminal atau Konsole, Anda bisa jalankan versi tampilan antarmuka. Bisa dijalankan di Linux ataupun Windows.

Pemakai Kali Linux, bisa download youtube-dl di sini :
https://rg3.github.io/youtube-dl/

Atau dengan menjalankan instalasi dari Terminal :

cd youtube-dl-gui/
python setup.py install

Pemakai Windows bisa download dan install youtube-dl di link berikut :

https://github.com/fredyw/win-youtube-dl/releases
https://github.com/MrS0m30n3/youtube-dl-gui/releases/download/0.3.8/youtube-dl-gui-0.3.8-win-setup.zip

Mengapa playlist berisi original sound track dari serial action lebih pas?

Logikanya mudah. Film action pasti ada adegan mencekam, drama, dialog santai, dll. Selayaknya kehidupan orang sehari-hari. Jenis playlist seperti ini, membangkitkan kreativitas dan tidak mendistraksi konsentrasi  terhadap pekerjaan.

Anda boleh mencobanya. Bandingkan bedanya dengan membuat playlist berdasarkan genre dan mood.

Selamat bekerja sambil mendengarkan lagu dan download dengan youtube-dl.


Day Milovich,, 
Webmaster, artworker, penulis, tinggal di Semarang dan Rembang.

You might also like

Comments are closed.