Jonan: Kecelakaan Arus Mudik Didominasi Kendaraan Pribadi

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa kendaraan yang diangkut di dalam KM Dobonsolo, Kamis (23/7). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan memeriksa kendaraan yang diangkut di dalam KM Dobonsolo, Kamis (23/7). Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

SEMARANG – Setelah melakukan peninjauan ke Stasiun Tawang dan Terminal Terboyo Semarang kemarin, Menteri Perhubungan, Ignasius Jonan menyambangi para pemudik gratis kapal laut di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, Kamis (23/7) Siang.

Dengan mengenakan kemeja berwarna putih dan berkacamata hitam, Jonan masuk ke dalam KM Dobonsolo guna melakukan pengecekan terhadap  penumpang secara langsung. Jonan juga sempat memeriksa ratusan sepeda motor milik para pemudik yang ikut dibawa masuk ke dalam kapal.

Menurut Jonan, dengan adanya program mudik gratis tersebut, diharapkan mampu menekan angka kemacetan dan kecelakaan pada arus mudik dan arus balik Lebaran secara lebih maksimal. Untuk itu ia berharap ke depannya nanti mudik gratis bisa dilakukan pada arus mudik maupun pada arus balik Lebaran.

“Kecelakaan 70 persen didominasi kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat. Untuk itu dengan adanya mudik gratis, angka kecelakaan dapat terus ditekan,” kata Jonan di sela-sela tinjauannya.

Dalam kesempatan yang sama, mantan Dirut PT KAI itu juga mengungkapkan rencananya untuk menambah anggaran mudik gratis tahun depan. “Kami akan ajukan anggaran untuk program mudik gratis kepada Komisi V DPR. Saya kira Komisi V akan mendukung,” bebernya. (yas)

You might also like

Comments are closed.