Jonan: Terminal Terboyo Jelek

Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (kiri) saat singgah di Stasiun Tawang, Rabu (22/7). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Menteri Perhubungan Ignasius Jonan (kiri) saat singgah di Stasiun Tawang, Rabu (22/7). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Menteri Perhubungan (Menhub) Republik Indonesia, Ignasius Jonan telah meninjau Bandara Ahmad Yani, Terminal Terboyo dan Stasiun Semarang Tawang dari Rabu (22/7) siang hingga petang. Dia menggarisbawahi Terminal Terboyo yang merupakan terminal milik Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang dengan kategori buruk.

“Terminal Terboyo jelek,” ujar Jonan singkat ketika dimintai komentar mengenai terminal tipe A tersebut, Rabu petang di Stasiun Semarang Tawang. Menurutnya, tidak hanya bentuk fisiknya, namun juga tidak ada sistem yang baik di terminal tersebut.

Dia pun menantang beberapa wartawan dengan pertanyaan. “Anda betah atau tidak jika harus berlama-lama di Terminal Terboyo? Pasti tidak betah,” kata dia.

Dia juga membandingkan pengelolaan yang telah dilakukan Pemkot Semarang dengan PT KAI dalam mengelola sistem. Jonan membandingkan Terminal Terboyo dengan Stasiun Semarang Poncol. Jika ada yang mengatakan Stasiun Poncol tidak lebih baik dari Terminal Terboyo, maka Jonan siap dikatakan sebagai orang bodoh sebagai Menhub.

Pada 2017 nanti, terminal tipe A seperti Terboyo akan diambil alih pengelolaannya oleh pusat. Dia yakin, dengan pengelolaan yang baik oleh pemerintah, akan membawa sistem dan suasana terminal menjadi jauh lebih baik.

“Lihatlah Terminal Tritonadi, Solo yang sudah dikelola pusat. Sudah jauh lebih baik ketimbang terminal lainnya yang dikelola Pemerintah Daerah,” pungkasnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.