JPO Jalan Pemuda Dinilai Belum Urgen

Jembatan penyebarangan orang di Jalan Pemuda belum mendesak dibutuhkan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Jembatan penyebarangan orang di Jalan Pemuda belum mendesak dibutuhkan. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Keberadaan Jembatan Penyeberangan Orang (JPO) di Jalan Pemuda Semarang dirasa belum urgen oleh Koalisi Pejalan Kaki Semarang (KPKS). JPO idealnya tidak berada di tengah kota, melainkan di jalan tol.

Koordinator KPKS, Theresia Tarigan mengatakan, JPO hanya akan menganakemaskan pengguna kendaraan. Selain itu JPO di Kota Semarang masih jauh dari kata ramah.

“JPO di Semarang sangat curam, tertutup iklan sehingga rawan kejahatan dan pelecehan. Jika teriak pun tidak akan terdengar sampai bawah,” kata dia, Kamis (4/6) pagi.

Terkait JPO yang sedang dibangun di depan kantor Dinas Pendidikan Provinsi Jateng, menurutnya hal itu belum mendesak dibutuhkan. Sebab, di sepanjang Jalan Pemuda sudah ada tempat khusus penyeberangan seperti zebra cross dan Zona Selamat Sekolah.

“Pengguna kendaraan juga harus paham dengan fungsi zona khusus tersebut. Mereka juga harus mau mengalah pada pejalan kaki,” imbuhnya.

Theresia menambahkan, JPO idealnya bukan di tengah kota, melainkan di jalan Tol. Seharusnya JPO tidak terhalang iklan dan terbuka. Selain itu elevansi JPO 12 persen dan tidak memakan trotoar. (ade)

You might also like

Comments are closed.