Jumlah Pemilih Pilgub Jateng 2018 Tembus 28 Juta Jiwa

METROSEMARANG.COM – Jumlah pemilih yang bisa mencoblos di bursa Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jawa Tengah pada tahun depan diperkirakan bakal menembus angka 28 juta jiwa. Dari jumlah tersebut, Komisi Pemilihan Umum (KPU) menargetkan tingkat partisipasi masyarakat nantinya bisa mencapai kisaran 78 persen.

Ilustrasi

Untuk mendongkrak partisipasi masyarakat, Ketua KPU Jawa Tengah, Joko Purnomo mengatakan dalam waktu dekat akan mengundang semua perangkat kecamatan hingga pengurus RT untuk menyosialisasikan pelaksanaan Pilgub Jateng.

“Kita akan mengadakan kerjasama dengan para RT untuk mengundang semua warga di tiap kampung dan kelurahan untuk mengecek database tiap anggota keluarganya atau dirinya sendiri. Biar mereka tahu, apakah sudah masuk DPT atau belum terekam di database pemilihan gubernur,” ungkap Joko, Kamis (27/4).

Tak cuma itu saja, katanya, pihaknya nanti juga mengidentifikasi identitas para tenaga kerja Indonesia (TKI) di luar negeri yang berasal dari Jawa Tengah. “Sehingga diharapkan datanya valid untuk melengkapi data calon pemilih saat Pilgub Jateng 2018 mendatang,” terang Joko.

Ia pun menyampaikan bahwa potensi calon pemilih yang tinggal di luar negeri memang terbilang besar. Pasalnya, ia mendapati prosentase pemilih di luar negeri sebesar 35,3 persen tapi tidak semuanya bisa memungkinkan memilih.

“Kami juga kerjasama dengan tiap SMA/SMK untuk membantu sosialisasi pemilu. Terutama soal entri data pemutahiran pemilih. Sebab kalau entri data C1 tidak cukup sehari. Apalagi, di wilayah kami ada 64.171 TPS,” bebernya.

Sedangkan untuk jadwal penyetoran dukungan pasangan calon akan digelar awal Desember 2018 nanti. Kemudian Januari baru bisa didaftarkan di KPU. Untuk pengumuman nama-nama pasangan calon dijadwalkan pada Februari. (far)

You might also like

Comments are closed.