KAI Mulai Garap Reaktivasi Rel Kereta Tawang-Tanjung Emas


METROSEMARANG.COM – Memasuki penghujung 2017, pemerintah pusat mulai merealisasikan proyek reaktivasi jalur perlintasan kereta api yang menghubungkan Stasiun Semarang Tawang dengan Pelabuhan Tanjung Emas.

Proyek reaktivasi jalur kereta Stasiun Tawang-Pelabuhan Tanjung Emas bakal segera terealisasi. Foto: metrosemarang.com/dok

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro mengatakan proyek reaktivasi rel kereta api menuju Pelabuhan Tanjung Emas saat ini mulai digarap secara bertahap oleh pihaknya.

Reaktivasi dimulai dari sisi barat pelabuhan sampai membentang di timur pintu masui kawasan industri pelabuhan.

“Proyek rel menuju Pelabuhan Tanjung Emas memang sudah dicicil sedikit demi sedikit. Tim Satker Perkeretaapian Kemenhub sudah mulai mengerjalan dari sisi barat dan timur,” ungkap Edi kepada metrosemarang.com, Sabtu (30/12).

Ia mengaku memasang target penyelesaian proyek tersebut secepat mungkin. Ia menuturkan bahwa reaktivasi rel Pelabuhan Tanjung Emas demi membantu aktivitas angkutan kontainer supaya tidak melewati jalur Pantura lagi.

Edi mengatakan reaktivasi rel Pelabuhan Tanjung Emas dibangun sejauh 2,1 kilometer mulai dari Stasiun Semarang Tawang sampai menembus lokasi peti kemas di kawasan Tanjung Emas.

Diakuinya bahwa dengan adanya proyek reaktivasi rel pelabuhan juga untuk menjawab tren pengguna kereta api yang semakin tinggi.

“Pembukaan trek baru jadi wewenang dari pemerintah. Tetapi ini sebagai upaya mengakomodir penggunaan moda perkeretaapian yang menanjak setiap tahun. Terutama saat jalur-jalur yang dilewati kendaraan yang mulai padat,” tandasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.