Kalah dari Arema, PSIS Gagal ke Perempat Final

METROSEMARANG.COM – PSIS menelan kekalahan kedua di turnamen Piala Presiden 2018. Pada matchday 2 Grup E di Stadion Kanjuruhan Malang, Haudi Abdillah dkk ditekuk tuan rumah Arema FC 1-3 sekaligus menutup peluang lolos ke babak perempatfinal.

PSIS gagal ke perempatfinal Piala Presiden usai ditekuk Arema FC.

Laga belum genap 10 menit gawang PSIS yang dikawal Aji Bayu sudah dua kali jebol. Gol pertama tuan rumah lahir di menit 2 lewat sontekan Dendi Santoso. Tendangan kapten Arema tersebut sempat diblok bek PSIS, Rio Saputro tapi bola justru meluncur ke dalam gawang dan mengecoh Aji Bayu.

Hanya berselang lima menit, gawang Mahesa Jenar jebol untuk kali kedua. Sundulan Johan Ahmad Farizi gagal diantisipasi Aji Bayu.

Unggul dua gol, tuan rumah belum mengendurkan tekanan. Tim berjuluk Singo Edan beberapa kali mengancam melalui Thiago Furtuoso, Rodrigo dos Santos dan Ahmed Atayew.

Peluang pertama PSIS baru hadir di menit 18. Tusukan Gilang Ginarsa dari sayap kanan diakhiri dengan sepakan keras namun bola hanya melintir di sisi gawang Kurniawan Kartika Aji.

PSIS mengubah formasi dari 3-4-3 menjadi 4-2-3-1 di menit 25. Rio Saputro ditarik keluar dan diganti Hafit Ibrahim untuk menambah kekuatan di lini tengah.

Perubahan ini cukup sukses meningkatkan tekanan ke pertahanan Arema. Selepas water break, Hari Nur dua kali mengancam gawang Kartika Aji. Namun percobaan pemain bernomor 22 itu belum mampu menipiskan skor.

Dua menit setelah jeda, Thiago Furtuoso membuat tim tamu semakin terpuruk. Eks penyerang Bhayangkara FC ini memaksa Aji Bayu memungut bola untuk kali ketiga.

Tapi perlawanan PSIS belum habis. Memasuki menit 66, percobaan Gilang Ginarsa masih bisa ditepis Kartika Aji. Hari Nur akhirnya mampu memerkecil kekalahan di menit 68, memanfaatkan free kick Frendi Saputra.

Dua menit kemudian, pemain pengganti Komarudin nyaris membobol gawang Arema. Sayang sepakannya hanya menerpa mistar gawang.

Kedua tim sama-sama tak mampu memanfaatkan sejumlah peluang yang tercipta di sisa pertandingan. Kekalahan ini makin membenamkan PSIS di dasar klasemen Grup E dan belum menuai poin. Di laga perdana, tim promosi ini juga menyerah 0-1 dari Bhayangkara FC.

Sementara Arema membuka kans lolos ke fase selanjutnya. Dendi Santoso dkk sementara memimpin Grup E dengan poin empat, unggul produktivitas gol dari Bhayangkara FC yang pada laga sebelumnya bermain imbang 1-1 lawan Persela Lamongan.

Pada pertandingan terakhir PSIS akan meladeni Persela pada 30 Januari dan Arema bakal bertemu Bhayangkara FC untuk memerebutkan posisi juara grup. (twy)

Susunan Pemain

PSIS 3-4-3: Aji Bayu Putra–Petar Planic, Haudi Abdillah, Rio Saputro; Frendi Saputra, Ibrahim Conteh, M Yunus, Gilang Ginarsa; Hari Nur Yulianto, Bayu Nugroho, Hapidin

Arema FC 4-4-2: Kurniawan Kartika Aji–Johan Ahmad Farizi, Purwaka Yudi, Arthur Cunha, Saiful Indra Cahya; Hendro Siswanto, Ahmed Atayew, Rodrigo dos Santos, Ridwan Tawainela; Dendi Santoso, Thiago Furtuoso

You might also like

Comments are closed.