Kalah dari Borneo FC, PSIS Tersisih di Piala Gubernur Kaltim

METROSEMARANG.COM – PSIS dipastikan tersisih dari turnamen Piala Gubernur Kaltim. Pada laga pamungkas Grup A di Stadion Segiri Samarinda, Selasa (27/2), Mahesa Jenar takluk dari tuan rumah Borneo FC dengan skor 1-2.

Foto: Labbola

Melakoni laga terakhir fase penyisihan grup, kedua tim melakukan rotasi besar-besaran di barisan starter. Tidak ada Julien Faubert, Srdan Lopicic dan Marlon da Silva di kubu Pesut Etam.

Sedangkan PSIS masih tanpa Bruno Silva dan Petar Planic. Kapten Haudi Abdillah juga harus menepi karena akumulasi kartu. Pun dengan Bayu Nugroho dan Hari Nur Yulianto yang diistirahatkan untuk memberi kesempatan pada Komarudin dan Gustur Cahyo.

Akhlidin Israilov yang untuk pertama kali tampil sebagai starter langsung memberi ancaman di menit 4. Free kick playmaker Kyrgyzstan masih melambung.

PSIS di luar dugaan justru lebih banyak menghasilkan peluang di awal pertandingan. Menit 7 giliran Gustur memberi ancaman. Setelah mengecoh Firdaus Ramadhan, pemain bernomor 99 itu melepaskan sepakan ke tiang jauh. Tapi bola masih sigap ditepis M Ridho.

Tekanan Mahesa Jenar berlanjut di menit 13. Aldaier Makatindu melsakkan tendangan keras dari luar kotak penalti dan masih bisa dibendung M Ridho. Bola rebound langsung disambar Komarudin dan menjebol gawang Borneo. Sayang gol tersebut dianulir karena eks Gresik United sudah terperangkap offside.

Lima menit kemudian, Ibrahim Conteh mendapat kans memberi keunggulan buat tim tamu. Crossing Safrudin Tahar dari sisi kanan diteruskan dengan sundulan dan lagi-lagi bola hanya tipis di atas mistar.

Tuan rumah baru menghasilkan peluang pertama di menit 20. Tendangan salto Titus Bonai melesat di atas gawang PSIS yang kali ini dikawal Ferdiansyah.

Tiga menit berselang Borneo FC mendapat peluang beruntun dan diakhiri tendangan Sultan Samma dari jarak dekat. Beruntung bola bisa diblok Fauzan Fajri.

Aldaier kembali mendapat peluang emas di menit 30. Tapi sundulannya melenceng di sisi kiri gawang Ridho.

Peluang terbaik tuan rumah hadir di menit 41. Pemain pengganti Ambrizal Umanailo melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti. Namun bola hanya menghantam mistar. Begitu juga dengan heading Lerby Eliandry di penghujung babak pertama yang tepat mengarah ke kiper.

Gol Ibrahim Conteh belum mampu meloloskan PSIS ke babak semifinal Piala Gubernur Kaltim. Foto: dok psisfcofficial

Dua menit setelah turun minum, gawang PSIS akhirnya jebol melalui free kick Titus Bonai. Tendangan kaki kiri eks Persipura gagal dijangkau Ferdiansyah.

Pesut Etam semakin mendominasi permainan setelah mereka memasukkan Srdan Lopicic dan Julien Faubert. Percobaan Lerby Eliandry di menit 62 nyaris menambah keunggulan tuan rumah. Meneruskan umpan Julien Faubert, heading striker timnas bisa diamankan Ferdiansyah.

Bayu Nugroho yang masuk menggantikan Komarudin langsung menebar ancaman di menit 74. Tendangannya juga bisa ditepis Ridho. Kiper Borneo kembali menggagalkan peluang Mahesa Jenar di menit 78 melalui sepakan Hapidin.

Pesut Etam makin menjauh di menit 81. Memanfaatkan sepak pojok, bek Firdaus Ramadhan mengubah skor menjadi 2-0. Gol ini sempat diprotes pemain PSIS karena Ferdiansyah mendapat gangguan dari Titus Bonai.

Armada Subangkit sempat menghidupkan asa lewat gol Ibrahim Conteh di menit 82. Kerjasama Akhlidin Israilov dan Hapidin diteruskan kepada Conteh yang dengan dingin menempatkan bola ke sudut kiri gawang Ridho.

Kedua tim terlibat jual beli serangan namun tak ada gol tambahan di sisa pertandingan. Hasil ini membuat PSIS yang baru mengemas dua poin tersisih dari PGK 2018. Sedangkan Borneo FC lolos ke semifinal sebagai juara Grup A dengan poin 8. (twy)

Susunan Pemain

4-2-3-1: M Ridho–Bagus Nirwanto, Firdaus Ramadhan, Azamat Baimatov, Edi Gunawan; Dirga Lasut, Wahyudi Setiawan; Titus Bonai, Sultan Samma, Rival Lastori; Lerby Eliandri

PSIS 4-2-3-1: Ferdiansyah–Frendi Saputra, Rio Saputro, Fauzan Fajri, Safrudin Tahar; Ruud Gullid, Ibrahim Conteh; Gustur Cahyo, Akhlidin Israilov, Komarudin; Aldaier Makatindu

You might also like

Comments are closed.