Kampanye Sosial di Masa Pandemi Covid 19

“Sebuah usaha untuk menggugah kesadaran masyarakat terhadap dampak pandemi Covid 19 oleh mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK Universitas Semarang”

SEMARANG – Mahasiswa Ilmu Komunikasi, Fakultas Teknologi Informasi dan
Komunikaasi (FTIK) Universitas Semarang (USM) menggelar rangkaian kampanye sosial
sebagai bentuk kepedulian terhadap berbagai dampak yang disebabkan oleh pandemi Covid
19. Rangkaian kampanye sosial tersebut dijalankan sejak mulai pertengahan Desember 2020 dan masih berlangsung selama bulan Januari 2021.

Kampanye sosial tersebut menggunakan
platform media sosial seperti Instagram, facebook dan youtube. Tema-tema yang diangkat dalam kampanye sosial tersebut adalah Kesehatan Mental, Ketahanan Pangan, Ketahanan Finansial, Tetap Kreatif di saat Pandemi, dan Aman Keluar Rumah dengan Protokol Kesehatan.

Melalui tema-tema tersebut diharapkan kampanye sosial ini dapat menggugah kesadaran masyarakat mengenai berbagai dampak yang mungkin diakibatkan selama pandemic Covid 19.

Salah satu kampanye sosial kesehatan mental yang dilakukan mengambil topik “Your Sanity Matters” mengajak masyarakat untuk mulai memperhatikan kesehatan mental dirinya sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka. Melalui tagar #janganlupabahagia, kampanye sosial ini menyebarkan konten-konten positif di platform-platform media sosial untuk mengurangi tekanan psikis di masyarakat.

“Kesehatan mental di masa pandemi seperti ini perlu mendapatkan perhatian khusus.
Kebanyakan orang menganggap stress atau perasaan cemas sebagai hal yang biasa, namun jika tidak diatasi dengan baik maka akan dapat mengganggu kesehatan”, ujar Timotius Andreawan sebagai salah satu penyelenggara kampanye sosial.

Kampanye lain yang juga dilakukan adalah kampanye sosial yang memberikan ide-ide kreatif mengenai ketahanan pangan. Salah satunya adalah gagasan tentang menghasilkan pangan sendiri melalui kegiatan berkebun. Melalui akun @pakuteter dan @nandurkas.smg, mahasiswa Ilmu Komunikasi mengajak warga untuk memanfaatkan pekarangan rumah
sebagai sumber pangan mereka sendiri.

Untuk tema produktif di kala pandemi, mahasiswa Ilmu Komunikasi FTIK USM membagikan informasi dan juga menyelenggarakan webinar mengenai “Kreatif dengan Berwirausaha”.

Tagar #UsahaAjaDulu mengajak masyarakat agar mampu menyiasati kesulitan ekonomi di
masa pandemic denganmengoptimalisasikan potensi wirausaha mereka. Mengelola keuangan secara tepat dipilih untuk mengkampanyekan Ketahanan Finansial.

Pengelolaan keuangan yang diklasifikasikan dalam tiga kategori adalah informasi-informasi yang dibagi melalui tagar #KeepitSimple. Diharapkan informasi-informasi tersebut akan dapat digunakan untuk mengatur keuangan jaga panjang masyarakat.

Salah satu kampanye yang tidak kalah penting adalah Tetap Aman Walau Keluar Rumah. Kampanye ini memprioritaskan pada warga masyarakat yang harus tetap bekerja di luar rumah, seperti pedagang di pasar. Ajakan untuk menerapkan protokol kesehatan secara ketat ketika terpaksa harus bekerja di luar rumah melalui video dan konten iklan layanan
masyarakat adalah cara untuk mengkampanyekan tagar #StopPenyebaranAyoCegah melalui
akun Instagram @staysafe_withmee.

“Informasi terkait penerapan protokol kesehatan secara ketat diharapkan dapat tersebar luas
dengan secara maksimal sehingga masyarakat yang terpaksa harus keluar rumah karena pekerjaan dapat menerapkannya dengan baik dan meminimalisir penyebaran virus”, ungkap
salah satu mahasiswa yang terlibat dalam kampanye sosial tersebut.

Rangkaian kampanye dengan berbagai tema di atas adalah bentuk kepedulian mahasiswa
Ilmu Komunikasi FTIK USM khususnya mahasiswa yang mengambil mata kuliah Manajemen Public Relations. Melalui kampanye tersebut, harapan yang disampaikan adalah bagaimana mahasiswa dapat berpartisipasi secara aktif di masyarakat dalam masa pandemi Covid 19
yang sudah berlangsung hampir 1 tahun di Indonesia. Harapannya adalah masyarakat
menyadari dampak-dampak yang disebabkan oleh pandemic Covid 19 dan dapat menemukan solusi yang tepat untuk mengatasi dampak tersebut.(ndi)

You might also like

Comments are closed.