Kandaskan Persijap, PSIS Kokoh di Puncak Klasemen

 

Bakori Andreas menjadi pahlawan PSIS saat melibas Persijap 1-0 di Stadion Jatidiri, Minggu (31/5) sore. Foto: metrosemarang.com/indra prabawa
Bakori Andreas menjadi pahlawan PSIS saat melibas Persijap 1-0 di Stadion Jatidiri, Minggu (31/5) sore. Foto: metrosemarang.com/indra prabawa

SEMARANG – PSIS memetik kemenangan kedua di Polda Jateng Cup, usai mengandaskan Persijap Jepara, 1-0 di Stadion Jatidiri, Minggu (31/5) sore. Gol semata wayang tuan rumah dihasilkan Bakori Andreas di menit 74. Tambahan tiga angka makin mengokohkan skuat Mahesa Jenar di puncak klasemen Grup A.

PSIS dan Persijap sama-sama bermain dalam tempo lamban saat mengawali babak pertama. Kedua tim tak mampu menghasilkan peluang yang mengancam gawang lawan.

Tuan rumah mencoba mengambil inisiatif serangan dengan mengandalkan Hari Nur di lini depan. Namun, striker PSIS ini juga tak bisa leluasa bergerak karena mendapat pengawalan ketat dari Anam Syahrul.

PSIS sempat memberi ancaman di menit 14 lewat kaki M Yunus. Sayang, sontekannya masih melebar di sisi kanan gawang Persijap. Dua menit kemudian, sodoran Indra Setiawan tak mampu disambar Hari Nur.

Setelah itu, tensi pertandingan mulai meningkat. Persijap sesekali memberi tekanan melalui dua sayap, Bukhori dan Ade Kurniawan. Serangan yang dibangun anak buah Anjar Jambore juga selalu kandas di barisan pertahanan Mahesa Jenar.

Masuknya Franky di menit 35 menggantikan Indra Setiawan, membuat permainan tuan rumah menjadi lebih hidup. Akselerasinya dari sisi kanan cukup merepotkan bek-bek Persijap.

Babak pertama berakhir dengan skor kacamata. Kedua tim sama-sama tak mampu menghasilkan shoot on goal.

Selepas dari ruang ganti, PSIS menambah intensitas tekanan ke pertahanan Jepara. Di paruh kedua ini, pelatih M Dofir melakukan perubahan di lini tengah dengan menyuntikkan Ahmad Agung dan mengistirahatkan Andi Rohmad.

Pergantian ini membuat lini tengah semakin bertenaga. Tujuh menit setelah restart, Fauzan Fajri membuat seisi Stadion Jatidiri menahan napas, saat dia melepaskan sepakan keras dari luar kotak penalti. Namun, bola masih melenceng di sebelah kanan kiper Feri Bagus.

Menit 55 Dofir memasukkan Johan Yoga menggantikan Vidi Hasiholan. Dengan skema 4-4-2, tuan rumah semakin mendominasi permainan dan mengurung pertahanan Jepara.

Sejumlah peluang dihasilkan Fauzan Fajri cs dan salah satunya berbuah gol di menit 74. Kerjasama Johan Yoga dan M Yunus membuat nama terakhir tinggal berhadapan dengan penjaga gawang. Sepakan Yunus masih bisa diblok Feri Bagus dan menghasilkan sepak pojok.

Eksekusi tendangan sudut dari Yunus menghasilkan kemelut di mulut gawang Persijap. Bakori Andreas sukses menyambar bola liar dengan tendangan salto yang merobek gawang Jepara. 1-0 PSIS memimpin.

Gol ini membuat pemain-pemain Persijap tersentak. Anam Syahrul dkk lebih berani keluar menyerang. Namun, usaha tim tamu untuk menyamakan skor tak membuahkan hasil.

Gol Bakori menjadi satu-satunya yang tercipta di pertandingan ini. Kemenangan atas Jepara membuat PSIS semakin kokoh di puncak klasemen Grup A dengan koleksi enam poin. Di laga selanjutnya, PSIS akan menjamu Persis Solo, Rabu (3/6) malam. (twy)

Susunan Pemain

PSIS 4-2-3-1: Ega Rizky–Taufik Hidayat, Fauzan Fajri, M Arifin, Welly Siagian; Vidi Hasiholan, Andi Rohmad; Indra Setiawan, M Yunus, Bakori Andreas; Hari Nur

Persijap 4-4-2: Feri Bagus–Anam Syahrul, Hendri, M Rio Saputra, Ardi Agung; M Wahyu, Saralin, Bukhori, Soni Setiawan; Ade Kurniawan, Agung Supriyanto

You might also like

Comments are closed.