Kandaskan PSMP, PSIS Buka Peluang ke Semifinal

METROSEMARANG.COM – PSIS Semarang menghidupkan peluang lolos ke babak semifinal Liga 2, usai mengandaskan perlawanan PS Mojokerto Putra 3-0. Gol-gol Mahesa dihasilkan Rio Saputro, Aldaeir Makatindu, dan Hari Nur Yulianto.

Aldaeir Makatindu (kanan) mencetak gol kedua saat PSIS mengandaskan PS Mojokerto Putra 3-0. Foto: metrosemarang.com

PSIS melakukan perombakan pemain saat meladeni PS Mojokerto Putra pada matchday 2 babak 8 besar di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Sabtu (18/11) malam.

Hari Nur Yulianto yang absen di pertandingan pertama lawan Persebaya, kali ini langsung tampil sebagai starter. Dia akan berperan sebagai second striker di belakang Aldaeir Makatindu yang menggantikan Sholihul Islam.

Perubahan juga terjadi di lini tengah Mahesa Jenar. Ruud Gullid diparkir untuk memberi kesempatan pada Adit Wafa berduet dengan Ahmad Agung Setiabudi.

Sementara, PSMP juga mengistirahatkan dua pilarnya, bek Djayusman Triasdi dan Harris Tuharea.

PSIS yang butuh kemenangan mencoba tampil agresif sejak awal laga. Pertandingan baru berumur lima menit, Ahmad Agung memberi ancaman ke gawang PSMP yang dikawal Putut Wijiarto. Tapi sepakannya masih melambung.

Menit 12 PSIS kembali mendapat kans mencetak gol. Kali ini melalui Haudi Abdillah. Menerima sodoran Aldaeir, kapten Mahesa Jenar melepaskan tendangan keras dan lagi-lagi melayang di atas mistar.

PSIS benar-benar tak memberi kesempatan lawan untuk mengembangkan permainan. PSMP hanya sesekali melakukan serangan melalui Indra Setiawan maupun Muhammad Isa.

Hingga menit 20, PSIS tercatat sudah menghasilkan lima peluang. Namun gol baru tercipta di menit 24. Rio Saputro sukses menjebol gawang Putut Wijiarto melalui sundulan memanfaatkan tendangan bebas dari area kiri pertahanan PSMP.

Empat menit kemudian, Hari Nur melewatkan peluang menambah keunggulan Mahesa Jenar. Sodoran Aldaeir tak mampu dituntaskan dengan sempurna, setelah tendangannya melambung.

Dua menit sebelum turun minum, Aldaeir menyia-nyiakan peluang di mulut gawang Laskar Mojopahit. Sontekannya hanya melintir di kanan gawang Putut.

Namun, eks striker Madura FC itu membayar tuntas kesalahannya di menit 44. Kali ini Aldaeir sukses merobek gawang PSMP usai meneruskan umpan Ahmad Agung.

Dominasi PSIS masih berlanjut selepas pergantian babak. Sejumlah peluang dihasilkan anak asuh Subangkit. Salah satunya melalui Haudi Abdillah di menit 64. Namun sundulannya masih bisa dihalau bek PSMP meskipun bola sudah melewati kiper.

PSIS makin di atas angin setelah Hari Nur mencetak gol pada menit 74. Aldaeir yang menjadi arsitek gol ketiga tim Ibukota Jateng. Setelah mengecoh tiga pemain lawan, Aldaeir melepaskan umpan kepada Hari Nur yang dengan mudah mencocor bola ke dalam gawang.

Skor 3-0 tak berubah sampai akhir pertandingan. Hasil ini membuka peluang PSIS lolos ke semifinal. Haudi Abdillah cs menggeser PSPS Riau di posisi runner up Grup Y dengan poin tiga.

Pada pertandingan sebelumnya, PSPS kalah 0-1 dari Persebaya. PSIS unggul produktivitas gol dari PSPS. Sedangkan Persebaya sudah dipastikan lolos ke semifinal.

PSIS dan PSPS bakal terlibat duel hidup mati di pertandingan terakhir, Selasa (21/11). Mahesa Jenar hanya butuh hasil imbang untuk mendampingi Persebaya. (twy)

Susunan Pemain

PSMP 4-4-2: Putut Wijiarto–Dwiyanto Susilo, Ade Christian, Mujib Ridwan, Wahyu Saputro; Teddy Wijanarko, Dede, Finky Pasamba, Fajar Sidik; Muhammad Isa, Indra Setiawan

PSIS 4-2-3-1: Aji Bayu Putra–Taufik Hidayat, Rio Saputro, Haudi Abdillah, Safrudin Tahar; Adit Wafa, Ahmad Agung; Melcior Majefat, Hari Nur Yulianto, Rifal Lastori; Aldaeir Makatindu

You might also like

Comments are closed.