Kantongi Izin Berlayar, Pertamina Distribusikan BBM ke Karimunjawa

METROSEMARANG.COM – Pertamina Marketing Operation Region (MOR) IV Jawa Tengah – Daerah Istimewa Yogyakarta menunggu izin berlayar dari Syahbandar Tanjung Emas untuk mengirim BBM ke Karimunjawa, Kabupaten Jepara.

GM Pertamina MOR I Jateng DIY, Yanuar Budi Hartanto. Foto: metrojateng.com/anggun puspita

General Manager PT Pertamina MOR IV Jateng-DIY, Yanuar Budi Hartanto mengatakan, pihaknya akan segera mengirim BBM ke Karimunjawa jika izin dari Syabandar turun.

‘’Jika izin turun kami langsung kirim BBM ke Karimunjawa,’’ ungkapnya dalam acara coffe morning di Bright Café Semarang, Rabu (31/1).

Diketahui, Pertamina terakhir melakukan pengiriman BBM ke Karimunjawa pada tanggal 3 Januari 2018 sebanyak 75 KL untuk persediaan tujuh hingga 10 hari. Kemudian, Pertamina telah menyiapkan pengiriman tanggal 10 Januari, tetapi bertepatan dengan larangan berlayar dari Syahbandar dan masih berlaku hingga Rabu (31/1), sehingga kapal tertahan di Pelabuhan Tanjung Emas Semarang.

“Sementara kami mengirim elpiji terakhir pada 20 Januari dari Jepara, yakni sebanyak 2.240 tabung. Saat itu Syahbandar belum mengeluarkan larangan berlayar sehingga kami masih bisa kirim. Setelah itu ada larangan, sehingga belum bisa dikirim lagi,” katanya.

Pertamina beralasan belum mengirim BBM ke Karimunjawa karena faktor keselamatan. Sebab, Pertamina tetap akan mengirim dengan menggunakan kapal, sehingga pengiriman BBM dan elpiji menunggu izin berlayar.

PT Pertamina, kata Yanuar, telah menyiapkan tambahan muatan sebanyak 135 KL yang terdiri atas 55 KL Pertalite, 70 KL Biosolar, dan 10 KL Dexlite dengan harapan bisa memenuhi kebutuhan hingga 15-20 hari.

Sementara itu, Manager Domestik Gas MOR IV Ringgas Hutagaol menambahkan, bahwa tertahannya pasokan ke Karimunjawa dikarenakan faktor musiman.

“Memang ini sudah biasa kalau terjadi cuaca buruk di akhir tahun dan awal tahun. Untuk akhir tahun 2017, tidak ada masalah karena masih diizinkan berlayar oleh Syahbandar. Kami berharap cuaca segera membaik dan kami dapat segera melakukan pengiriman BBM ke Karimunjawa,’’ tandasnya. (ang)

You might also like

Comments are closed.