Kantor akan Dibongkar, Dinkes Kesulitan Cari Tempat Baru

METROSEMARANG.COM – Gedung Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Semarang di Jalan Pandanaran No 79 akan segera dibongkar untuk dibangun kembali. Gedung baru akan dibangun 10 lantai, yang nantinya digunakan untuk kantor baru Dinkes Kota Semarang dan tempat parkir.

Warga mengantre pendaftaran jaminan pengobatan gratis di Dinkes Semarang. Foto: metrosemarang.com/dok

Pembongkaran gedung Dinkes ini demi mengatasi permasalahan kemacetan yang kerap kali terjadi di Jalan Pandanaran, sebagai pusat oleh-oleh khas Semarang. Meski begitu, Pemkot Semarang saat ini masih mencari sebuah tempat yang bisa disewa untuk memindahkan sementara aktivitas pelayanan Dinkes Kota Semarang.

Kepala Dinkes Kota Semarang, Widoyono mengatakan, pihaknya masih kesulitan mencari gedung yang akan digunakan sementara sebagai kantor selama lima tahun. “Ada beberapa pemilik gedung swasta yang menawari, namun kami belum menyetujui tawaran itu. Ya, ini masih proses pindah,” katanya, Jumat (2/3).

Sedangkan untuk Puskesmas Pandanaran yang dulu satu atap dengan Dinkes, sudah pindah. Dia menargetkan, Maret atau April mendatang kantor Dinkes juga harus pindah. Karen bulan Mei kegiatan pembangunan gedung baru 10 lantai akan dimulai.

“Nanti kami akan mengumumkan perpindahan gedung kepada masyarakat dan kami jamin pelayanan tidak terganggu,” tegasnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Tata Ruang (Distaru) Kota Semarang Irwansyah mengatakan, pembangunan gedung tersebut akan menggunakan APBD Kota Semarang senilai Rp 85 miliar, dengan sistem kontrak tahun jamak yang baru dilakukan pertama kali ini di Semarang. “Maka itu kami membutuhkan persiapan yang matang. Mengenai pembagian alokasi dana untuk dua tahun itu masih kami kaji,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.