Kantor Ganjar Pranowo bakal Diteror Gempa

METROSEMARANG.COM – Kantor Pemerintah Provinsi Jawa Tengah di Jalan Pahlawan, Kota Semarang dikabarkan akan mengalami bencana gempa bumi pada Rabu (26/4) tepat pukul 10.00 WIB.

Petugas BPBD meninjau jalur evakuasi di Kantor Pemprov Jateng. Foto: metrosemarang.com/ilyas aditya

Informasi tersebut diperoleh dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Tengah. Informasi adanya gempa itu juga sudah disiarkan melalui pusat informasi di Kantor Pemprov Jateng ke seluruh pengeras suara ruangan di kantor Gubernur Ganjar Pranowo tersebut.

Namun jangan panik, gempa bumi tersebut bukan benar-benar terjadi, melainkan hanya skenario BPBD untuk melatih sensitivitas masyarakat khususnya Pegawai Negeri Sipil (PNS) yang bermukim di Pemprov Jateng.

Skenario tersebut merupakan bagian dari simulasi dalam rangka Hari Kesiapsiagaan Bencana Daerah Nasional yang rencananya bakal ditetapkan setiap tanggal 26 April.

“Kegiatan ini sekaligus mengasah sensitivitas masyarakat dalam kesiapsiagaan bencana. Besok dibantu komunitas-komunitas kita menggelar simulasi bencana gempa bumi,” kata Kepala Pelaksana Harian BPBD Jateng Sarwa Pramana saat meninjau jalur evakuasi gedung Pemprov Jateng, Selasa (25/4).

Dijelaskan Sarwa, kegiatan ini tidak hanya dilakukan di gedung Pemprov Jateng namun juga di seluruh daerah di Jawa tengah dengan skenario bencana yang berbeda-beda dengan melibatkan 516.000 personel di masing masing daerah.

“Skenarionya besok proses evakuasi melalui tangga darurat. Selain itu aja pengecekan alat-alat keselamatan,” imbuhnya.

Sarwa berharap simulasi tersebut bisa menjadi pembelajaran bagi masyarakat bilamana sewaktu-waktu bencana gempa bumi benar-benar terjadi. Ia pun mengimbau kepada masyarakat yang terlibat dalam proses simulasi tersebut bisa turut serta dengan baik. (yas)

You might also like

Comments are closed.