Kapolri: Kantor Polisi Harus Senyaman Mal

METROSEMARANG.COM – Beroperasinya gedung Mapolda Jateng yang baru diharapkan bisa mengubah pandangan masyarakat terhadap kantor kepolisian menjadi lebih nyaman dan humanis. Hal tersebut diungkapkan oleh Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian saat memberi sambutan di peresmian gedung baru Mapolda Jateng, Jumat (23/3).

Kapolri Jemderal Pol Tito Karnavian memberikan sambutan pada peresmian Gedung Mapolda Jateng, Jumat (23/3). Foto: metrosemarang.com/efendi

“Pokoknya jangan sampai kalau ada orang masuk ke kantor polisi ini merasa seperti memasuki kandang macan, penuh dengan rasa khawatir. Tapi ketika mereka mau masuk sini harus meresa tenang dan senang seperti masuk mal,” ujar Tito.

Lebih lanjut, perubahan cara pandang mesyarakat untuk menghilangkan ketakutan ketika memasuki kantor kepolisian juga harus didukung dengan peforma Polri yang bekerja lebih professional. Fasilitas gedung baru juga diharapkan bisa menjadi pendorong mentalitas anggota Polri dalam melaksankan tugas.

“Fasilitas gedung baru, maka pelayanannya juga harus diperbaiki. Harapan saya gedung ini kan dibangun atas uang rakyat dan negara, harus dibalikkan lagi dalam bentuk pengabdian, pelayanan yang lebih baik dibanding sebelumnya,” imbuh Tito.

Selain itu, Tito juga mengimbau kepada anggota Polri yang bertugas di wilayah Polda Jateng untuk tidak memanfaatkan fasilitas baru untuk melakukan tindakan di luar wewenang. “Jangan sampai nanti anggota ada yang bilang ‘Gedung bagus setorannya lebih gede’, nanti malah akan saya suruh propam yang turun kalau gitu,” pungkas Tito.

Untuk diketahui, gedung baru Mapolda Jateng dibangun sebanyak 7 lantai ditambah basement sebagai tempat parkir dan ruang SPKT, serta helipad di bagian rooftop. Pembangunan gedung tersebut dilaksanakan dua tahap pada 2016 dan 2017 yang menghabiskan dana sekitar Rp 182,8 miliar, yang konon merupakan Mapolda terbaik se-Indonesia. (fen)

You might also like

Comments are closed.