Kasdam IV Diponegoro Ajak Mahasiswa UIN Jaga Nasionalisme

METROSEMARANG.COM – Kasdam IV Diponegoro, Brigjen TNI Sabrar Fadhilah mengajak mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo agar selalu menjaga tanah air. Menurutnya, UIN Walisongo adalah sebuah lembaga yang berperan strategis dalam upaya melahirkan kader-kader bangsa yang berkualitas internasional yang harus tetap memegang teguh nilai-nilai kearifan lokal yang berdasarkan Pancasila.

Stadium General UIN Walisongo diisi oleh Kasdam IV Diponegoro. Foto: istimewa

“Mahasiswa harus menjaga semangat kebangsaan, yaitu suatu semangat rela berkorban untuk kepentingan yang lebih besar,” katanya saat mengisi Stadium General UIN Walisongo Semarang, Rabu (30/8).

Dia menambahkan, situasi dan kondisi dunia secara global masih memperlihatkan tingginya konflik, perang, teror bom, kemiskinan dan pengungsian serta ketimpangan sosial lainnya. Hal itu dikarenakan bertambah pesatnya populasi penduduk yang tidak diimbangi dengan ketersediaan pangan, air bersih dan energi, sehingga menjadi pemicu munculnya konflik-konflik baru.

“Indonesia sebagai salah satu negara ekuator yang memiliki potensi vegetasi sepanjang tahun akan menjadi salah satu arena persaingan kepentingan dari berbagai negara. Untuk itu, diperlukan langkah antisipasi dan persiapan yang matang agar bangsa Indonesia mampu menjamin tetap tegaknya keutuhan dan kedaulatan NKRI,” ujarnya. (ade)

You might also like

Comments are closed.