Kauman akan Dijadikan Kampung Quran

Kawasan Kauman Semarang bakal dicanangkan menjadi Kampung Quran. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Kawasan Kauman Semarang bakal dicanangkan menjadi Kampung Quran. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

METROSEMARANG.COM – Kampung Kauman direncanakan akan menjadi Kampung Quran. Hal itu akan dicanangkan pada Sabtu (6/2) petang medatang di kawasan tersebut. Rencananya, pencanangan akan dilakukan secara simbolis oleh Penjabat (Pj) Wali Kota Semarang, Tavip Supriyanto.

“Nantinya, Pj Wali Kota akan memberikan papan nama ‘Kampung Quran’ kepada perwakilan pengurus kemudian akan dipasang di gapura sebagai tanda,” kata ketua panitia pencanangan papan nama Kampung Quran, Muhaimin, Rabu (3/2).

Dia menggambarkan, di daerah tersebut sejak 1952 sudah melakukan kegiatan yang dekat dengan Alquran. Dengan dideklarasikan, nantinya diharapkan akan lebih terangkat dan mampu menyerap santri lebih banyak.

Pengasuh Pondok Pesantren Radhatul Quran, Ma’sum, di Kampung Quran ini sebenarnya mengadopsi dari Kampung Inggris di Pare, Kediri. Murid-murid akan diberi paket belajar Alquran, mulai dari bulanan hingga dari yang sama sekali tidak mengenal huruf Arab.

Pencanangan ini sebelumnya akan dimeriahkan kirab yang diikuti ratusan warga dan wisudawan dari Kauman menuju Jalan Pemuda melewati Jalan Gajahmada dan kembali ke Kauman melewati Jalan Kranggan. (ade)

You might also like

Comments are closed.