Kebakaran Ilalang Bikin Panik Warga Kaliwungu

METROSEMARANG.COM – Padang ilalang di Komplek Makam Bukit Jabal Kaliwungu Kendal Jumat (18/8) pagi terbakar. Kebakaran diduga akibat pembakaran sampah, yang kemudian merambat ke ilalang yang gersang. Warga panik karena api membesar dan merambat ke permukiman, yang tidak jauh dari padang ilalang tersebut.

Foto: metrojateng.com

Api cepat membesar karena hembusan angin yang kencang dan rumput yang mulai mengering karena musim kemarau. Api merambat ke pemukiman warga yang berada tidak jauh dari padang ilalang di Komplek Makam Bukit Jabal Kaliwungu Kendal.

Warga kewalahan memadamkan api dengan air seadanya, dan meminta bantuan pemadam kebakaran dari Satpol PP dan Pemadam Kebakaran Kendal. Dua unit mobil pemadam kebakaran diterjunkan untuk memadamkan api dan melokalisir agar tidak merambat ke rumah penduduk.

Diduga kebakaran ini akibat warga yang membakar sampah dekat dengan padang ilalang. “Api tertiup angin dan menyambar rumput yang mengering, akibatnya api langsung membakar dan meluas,” ujar Nasir warga sekitar.

Ditambahkan, api bermula dari sebelah timur komplek Makam Pakuwojo. “Awalnya kecil tapi setelah menyambar rumput yang kering, api dengan cepat merambat dan membesar hingga warga panik,” imbuhnya.

Petugas pemadam kebakaran melokalisir api yang merambat cepat ke permukiman. Sementara warga yang rumahnya berdekatan dengan padang ilalang ini panik dan berupaya menyelamatkan barang berharga. Bahkan seorang ibu pingsan melihat api membesar di belakang rumahnya.

Setelah satu jam api bisa dipadamkan setelah dua unit pemadam kebakaran diterjunkan. Petugas mengimbau agar warga berhati-hati saat membakar sampah karena sudah memasuki musim kemarau. (metrojateng.com/MJ-01)

You might also like

Comments are closed.