Kebakaran Pasar Johar Disengaja?

Kebakaran Pasar Johar ditengarai sengaja dilakukan untuk upaya revitalisasi. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono
Kebakaran Pasar Johar ditengarai sengaja dilakukan untuk upaya revitalisasi. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

SEMARANG – Upaya revitalisasi pasar tradisional kerap kali gagal karena adanya perlawanan dari para pedagang yang takut proses revitalisasi akan merusak konstruksi sosial pasar. Akhirnya, jalan pintas dengan cara membakar sengaja dilakukan oknum untuk memuluskan proses revitalisasi.

Menurut Dewan Pertimbangan Pembangunan Kota (DP2K), Djoko Setijowarno, upaya pembakaran Pasar Johar Semarang sudah beberapa kali dicoba namun gagal.

Menurutnya, jika memang akan direvitalisasi, maka bangunan pasar harusnya tidak berubah, seperti pada Pasar Bulu dan Sampangan. “Mengubah bentuk pasar tradisional menjadi modern justru akan membuat penjual dan pembeli meninggalkan pasar tersebut,” kata dia Minggu (10/5) pagi melalui pesan singkat.

Dia berharap, pengawasan ketat harus selalu dilakukan. Para ahli tata kota, arsitek dan cagar sosial budaya juga harus dilibatkan karena Pasar Johar mempunyai nilai historis yang kuat di Kota Semarang.

Berdasarkan kajian yang sudah dilakukan, revitalisasi Pasar Johar diperkirakan menghabiskan biaya Rp 600 miliar. Namun, sampai rencana tersebut belum terealisasi. (ade)

You might also like

Comments are closed.