Kebutuhan Anggaran untuk Pilgub 2018 Hampir Rp 1 Triliun

METROSEMARANG.COM – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Jawa Tengah baru akan memulai tahapan Pemilihan Gubernur (Pilgub) Jateng 2018 pada Agustus 2017 nanti. Namun persiapan anggaran dan regulasi yang dibutuhkan untuk pelaksanaan sudah disiapkan.

Ketua KPU Jawa Tengah Joko Purnomo menjelaskan, sesuai dengan ketentuan UU Nomor 10 Tahun 2016, diprediksikan tahapan pilgub akan dimulai bulan Agustus 2017. Sehingga seluruh persiapan termasuk anggaran dan regulasi harus selesai sebelum bulan tersebut. Beberapa regulasi sudah disiapkan tapi masih menunggu kalau ada perubahan dari KPU RI.

”Untuk anggaran sudah disiapkan oleh Pemprov Jateng termasuk di 7 kabupaten/kota yang pemilihan kepala daerahnya bersamaan dengan pilgub di 2018. Anggaran cukup tinggi, kalau dihitung dari total se-Jateng untuk KPU saja memerlukan kurang lebih Rp 950 miliar,” katanya, Jumat (31/3).

Kebutuhan anggaran tersebut, untuk pemenuhannya direncanakan di 2 tahun anggaran di 2017 dan 2018. Tetapi sampai hari ini, kemungkinan anggaran itu bisa dipenuhi semuanya oleh Pemprov langsung di 2017.

”Karena kita punya dana cadangan. Kemudian di APBD (Pemprov Jateng) murni 2017 sudah ada Rp 800 miliar. Jadi di perubahan (2017) mungkin Rp 950 miliar bisa dipenuhi. Itu kemarin hasil diskusi atau koordinasi dengan Pemprov,” terangnya.

Sedangkan untuk regulasi, pihaknya sudah menyiapkan dengan membuat peta guna pembentukan struktur organisasi penyelanggara dari tingkat provinsi sampai tingkat TPS. Sudah ditentukan akan dibutuhkan sebanyak 64.171 TPS yang tersebar di 573 kecamatan.

”Kita sudah petakan semua, yang belum adalah lokasi, tapi nanti akan diserahkan sepenuhnya kepada KPPS yang terbentuk,” katanya. (duh)

You might also like

Comments are closed.