Kelas Foto Semarang Ajak Fotografer Baca Buku Foto

METROSEMARANG.COM – Kelas Foto Semarang menggelar acara #1 Kumpul Buku Foto Semarang di Tekodeko Koffiehuis, Jalan Jenderal Suprapto 44 Kota Lama Semarang pada Sabtu (21/1). Dalam acara tersebut terdapat perpustakaan sehari yang menyediakan puluhan buku foto baik dari dalam maupun luar negeri, yang bisa dilihat dan dibaca oleh pengunjung secara gratis.

Acara Buku Foto Semarang di Teko Deko, Sabtu (21/1). Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Dengan adanya buku-buku foto yang dipajang terebut digunakan sebagian pengunjung atau fotografer untuk menambah semangat untuk lebih memahami literasi tentang visual.

Kelas Foto Semarang merupakan ruang bagi fotografer-fotografer segala genre baik profesional maupun amatir untuk belajar dan berdiskusi untuk meningkatkan kemampuan literasi visual. Selain itu juga ajang berbagi dan menggali ide serta cerita tentang fotografi khususnya di Semarang agar semakin berkembang.

“Kami ingin bersama-sama memperkaya wawasan visual para fotografer di Semarang, salah satunya dengan membaca buku foto. Karena wawasan visual seorang fotografer itu semakin kaya dengan sering melihat dan membaca buku foto, bukan sebaliknya hanya mementingkan semata-mata teknik dari fotografi itu sendiri,” terang Pendiri Kelas Foto Semarang, Dhana Kencana.

Dia menyebutkan, buku foto ini diibaratkan sebuah buku novel yang berisi tentang tulisan. “Tidak sedikit yang belum bisa “membaca” buku foto. Kami di sini belajar bersama,” imbuhnya.

Selain para pengunjung, sejumlah peserta yang ikut membawa buku fotonya untuk dipajang juga datang. Bahkan juga terdapat peserta dari luar kota Semarang. Seperti dari Bekasi, Grobogan, Solo, dan Jakarta.

Buku foto yang ditampilkan di acara ini beragam. Beberapa diantaranya adalah Workers, The Riders of Destiny, IPPHOS remastered, Human of New York, Exile, Mail, Encounters, Sujana Jumpu, River of Hades, Split Second Split Moment, Kilas Balik, serta sejumlah buku foto dari APFI (Anugerah Pewarta Foto Indonesia).

Acara Kumpul Buku Foto Semarang akan kembali digelar untuk kedua kalinya pada tahun ini dan direncanakan pada pertengahan tahun. Dalam waktu dekat Kelas Foto Semarang juga akan menggelar kelas foto dengan materi Visual Literasi, Foto Dokumenter, dan Buku Foto. (ade)

You might also like

Comments are closed.