Kembangkan Pendidikan Berbasis Multimedia, BPMP Gelar Lomba Mobile Edukasi

mobile-edukasi

SEMARANG – Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui Balai Pengembangan Multimedia Pendidikan (BPMP) kembali menggelar lomba mobile edukasi sebagai bagian program pengembangan model multimedia pendidikan. Lomba ini terbuka untuk pelajar, guru dan umum.

Panitia lomba, Wiwik Akhirul Aeni mengatakan lomba mobile edukasi lomba tahun ini BPMP bakal mempopulerkan program mobile learning. Program itu merupakan salah satu model pembelajaran multimedia menggunakan telepon genggam, yang dikembangkan oleh BPMP.

Dia menambahkan, lomba ini sudah rutin digelar setiap tahun sejak 2012. “Tujannya, untuk memotivasi masyarakat mengembangkan bahan belajar interaktif melalui perangkat handphone. Juga   memotivasi siswa sekolah akan pentingnya bahan ajar berbasis TIK sebagai penunjang proses pembelajaran,” terangnya.

Lewat lomba ini, pihaknya juga ingin membudayakan pembelajaran yang inovatif dan kreatif. Selain itu untuk memperkaya konten pendidikan di internet. Lomba tahun ini dinamai “Lomba Mobile Edukasi 2015”. “Kami mengajak  masyarakat khususnya pelajar, guru dan umum untuk berperan serta mengembangkan bahan ajar multimedia berbasis mobile learning lewat lomba ini,” ujarnya.

Lomba dibagi dalam tiga kategori, yakni pelajar, guru dan umum. Peserta akan berkompetisi membuat media pembelajaran berupa aplikasi atau konten pembelajaran yang dijalankan pada telefon pintar atau komputer tablet. BPMP menargetkan 120 konten yang diupload ke http://medukasi.kemdikbud.go.id.

Lomba tersebut digelar dengan cakupan nasional. Dimana saat ini rangkaian lomba sedang dalam tahapan sosialisasi dan publikasi, yang dilakukan sejak Februari 2015. Tahap sosialisasi nasional yang dikoordinir BPMP Semarang bekerja sama dengan Pustekkom.

Pengumpulan karya akan berakhir pada akhir Agustus 2015, dan seleksi karya akan dilaksanakan pada September 2015. Selanjutnya, akan dilakukan penjurian pada Oktober, dan penyerahan hadiah akan dilaksanakan pada November 2015 dalam festival e-pendidikan secara nasional. (MS-06)

Comments are closed.