Kementerian PPPA Rapatkan Barisan Cegah Kekerasan Perempuan dan Anak

METROSEMARANG.COM – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak menggelar Rapat Koordinasi Teknis Forum Partisipasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak (Rakortek Forum Puspa) di Grand Candi Hotel Semarang pada Senin (26/3) hingga Rabu (28/3). Rapat ini dihadiri oleh perwakilan lembaga yang konsen dalam bidang advokasi perempuan dan anak dari 34 provinsi yang ada di Indonesia.

Pembukaan Rapat Koordinasi Teknis Forum Partisipasi Masyarakat Untuk Kesejahteraan Perempuan Dan Anak (Rakortek Forum Puspa) di Grand Candi Hotel Semarang, Senin (26/3) petang. Foto: metrosemarang.com/ade lukmono

Sekretaris Kementerian PPPA, Pribudiarta Nur Sitepu menjelaskan, pemerintah dalam hal ini Kementerian PPPA mengajak seluruh elemen masyarakat untuk bersinergi dan memperkuat koordinasi dalam mencegah dan menangani masalah perempuan dan anak.

“Kami harap melalui Rakortek Forum Puspa ini dapat mempercepat dan meningkatkan sinergi dan koordinasi partisipasi masyarakat dalam pembangunan Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak melalui peningkatan aksi dan inovasi antara pemerintah dan masyarakat,” ungkapnya, Senin (26/3).

Saat ini sudah ada lembaga masyarakat yang tergabung dalam Forum Puspa di 34 provinsi yang secara legalitas sudah dinyatakan sah.  Pada 2016 sudah melibatkan 1.055 lembaga masyarakat yang terlibat, dan 2017 meningkat menjadi 1.635 lembaga masyarakat yang terdiri dari lembaga profesi, dunia usaha, media, organisasi keagamaan, kemasyarakatan, akademisi dan lembaga riset.

Dia menambahkan, jumlah SDM yang dimiliki pemerintah untuk penanganan kasus kekerasan pada perempuan dan anak masih sangat terbatas. Oleh karena itu, pemerintah membutuhkan lembaga/organisasi masyarakat yang melindungi perempuan dan anak sesuai fungsi, kapasitas dan keahlian mereka di wilayahnya masing-masing. (ade)

You might also like

Comments are closed.