Keren! SMK Ibu Kartini Gelar Pemilihan Ketua OSIS secara Online

Proses pemilihan Ketua OSIS SMK Ibu Kartini secara online. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono
Proses pemilihan Ketua OSIS SMK Ibu Kartini secara online. Foto Metrosemarang/Ade Lukmono

SEMARANG – Sekitar 500 siswa-siswi SMK Ibu Kartini Semarang dan seluruh civitas akademik termasuk guru dan staf melakukan pemilihan umum Ketua OSIS periode 2015-2016 secara online, Sabtu (15/11). Kegiatan tersebut dimulai sekitar pukul 08.30.

Waka Kesiswaan SMK Ibu Kartini, Hery Sedyahwati mengatakan, pemilihan secara online tersebut adalah pemilihan online pertama kali yang digelar di sekolah yang beralamatkan di Jalan Imam Bonjol 199 Semarang. “Dulu kami menggunakan sistem coblos dengan meminjam peralatan, seperti bilik suara dan kotak suara dari Komisi pemilihan Umum (KPU),” kata dia.

Hery menambahkan, pemilihan secara online lebih efektif dan efisien lantaran tidak memerlukan peralatan. Sekolah menyediakan empat komputer jinjing untuk digunakan pemilih sebagai media penuangan aspirasi.

Setiap pemilih mendapatkan username dan password unik sehingga tidak akan terjadi double vote. Selain itu, pemilihan juga berlangsung singkat, yakni sekitar 30 menit untuk tiap kelas sehingga tidak mengganggu Kegiatan Belajar Mengajar (KBM). “Pemilihan dilakukan bergiliran perkelas,” kata Ketua Program Studi Keahlian Rekayasa Perangkat Lunak, Ign. F Bayu Andoro.

Dia menuturkan, langkah awal ini akan dijadikan pertimbangan untuk melakukan pemilihan ketua OSIS selanjutnya. “Kami masih akan menyempurnakan software ini,” terang dia.

Siswa juga diberi kesempatan untuk melakukan kampanye, yakni mulai 8 November sampai 14 November 2014. Kandidat ketua OSIS merupakan perwakilan tiap kelas XI yang dipilih berdasarkan sidang pleno kelas masing-masing. (ade)

You might also like

Comments are closed.