Keroyok Remaja hingga Tewas, Bripda Taufik Dihukum 10 Tahun

Sidang penganiayaan yang menewaskan remaja di Boyolali, dengan salah satu terdakwa oknum anggota Polres Wonogiri. Foto: metrojateng.com
Sidang penganiayaan yang menewaskan remaja di Boyolali, dengan salah satu terdakwa oknum anggota Polres Wonogiri. Foto: metrojateng.com

METROSEMARANG.COM – Majelis Hakim Pengadilan Negeri (PN) Boyolali menjatuhkan hukuman pidana 10 tahun penjara terhadap Bripda Taufik Ismail, anggota Polres Wonogiri yang melakukan penganiayaan terhadap seorang remaja hingga tewas. Lima terdakwa lain dalam kasus yang sama juga divonis bersalah dan dijatuhi hukuman berbeda-beda, sesuai peran masing-masing.

“Mengadili, menyatakan keenam terdakwa secara sah dan meyakinkan bersalah sebagaimana dalam dakwaan kedua primer JPU,” ujar Ida Ratnawati, Ketua Majelis Hakim saat membacakan vonis di PN Boyolali, Kamis (3/3).

Selain Bripda Taufik, kasus ini juga melibatkan lima terdakwa lain, yakni M Mudhakir, Agus Renaldy, Syamsul Bachri, Adik Nur Cahyono dan Eko Adi Saputro. Vonis paling berat diberikan kepada Agus Renaldy yakni 11 tahun penjara. Syamsul Bachri dan Adik Nur Cahyadi masing-masing diganjar hukuman delapan tahun penjara. Sedangkan M Mudhakir dan Eko Adi Saputro, dihukum masing-masing tiga tahun.

Mereka terbukti secara syah dan meyakinkan melanggar Pasal 170 ayat 2 ke 3 KUHP tentang penganiayaan berat.  Hal yang memberatkan bagi para terdakwa antara lain, perbuatan penganiayaan yang dilakukannya telah mengakibatkan tewasnya Edi Susanto (18) warga Desa Blagung, Kecamatan Simo, Boyolali.

Atas putusan itu, para terdakwa menyatakan menerima. Mereka tidak akan mengajukan banding. JPU, Romlie Mukayatsyah, juga menyatakan menerima. Putusan majelis hakim itu sedikit lebih ringan dari tuntutan JPU. Dalam sidang sebelumnya, Taufik dan Agus Renaldy dituntut 11 tahun penjara.

Penganiayaan yang dilakukan Taufik cs terjadi di Dukuh Glagah Ombo, Blumbang, Klego, pada 11 September 2015. Korban Edi Susanto dituduh melakukan pencurian di rumah salah satu terdakwa. Selain dianiaya, korban juga dibakar, hingga akhirnya tewas dalam perawatan di rumah sakit.

Selain itu, lima terdakwa yakni Agus Renaldy, Muhammad Mudhakir, Taufik Ismail, Adik Nur Cahyadi, dan Samsul Bahri, juga telah menganiaya Saiful Anwar (15). Terkait penganiayaan terhadap Saiful Anwar yang masih dibawah umur itu, kelima terdakwa juga telah dijatuhi hukuman. (MJ-07)

You might also like

Comments are closed.