Kerusakan Jalan Pawiyatan Luhur Makin Parah

METROSEMARANG.COM – Kerusakan Jalan Pawiyatan Luhur di Kelurahan Bendan Duwur, Gajahmungkur semakin parah. Setidaknya ada dua titik kerusakan yang berpotensi mencelakakan pengguna kendaraan yang melintas di lokasi tersebut.

Kendaraan harus bergantian melintas karena kerusakan di Jalan Pawiyatan Luhur. Foto: metrosemarang.com

Titik pertama berada di depan Universitas Tujuh Belas Agustus (Untag) atau tepat memasuki turunan dari arah Sampangan. Pada bagian ini terdapat cekungan selebar 30 centimeter dengan kedalaman sekitar 25 centimeter sehingga menyerupai patahan.

“Bagian itu memang pas sambungan antara jalan yang dibeton sama diaspal. Bahaya banget karena turunannya cukup curam,” kata Wawan (21), mahasiswa yang biasa melintasi jalur tersebut, Rabu (8/2) sore.

Menurut dia, perbaikan sudah sering dilakukan dengan menutup patahan menggunakan aspal. Tapi, tak sampai seminggu sudah rusak lagi. “Biasanya yang dari Sampangan pada kaget karena di depan Untag itu jalannya sedikit menanjak lalu masuk ke turunan itu,” urainya.

Dari pantauan di lokasi, warga secara swadaya berinisiatif menutup bagian cekungan tersebut menggunakan paving. Meski belum tertutup sempurna, setidaknya hal itu bisa mengurangi risiko pemotor terjatuh saat melintasinya.

Titik kerusakan kedua terlihat di bagian bawah yang berjarak sekitar 100 meter dari titik pertama. Sebagian jalan ambles dan pada sisi lainnya muncul gundukan sekira 30 centimeter akibat aspal yang terkelupas.

Pengguna kendaraan harus mengurangi kecepatan karena hanya satu sisi saja yang bisa dilewati. Padahal, pada bagian jalan yang lebih rendah itu juga mulai muncul rekahan karena aspal yang mengelupas.

“Tanah di daerah situ memang labil. Sudah sering diperbaiki, tapi nggak sampai setahun sudah rusak lagi,” kata Umar (35) warga Sampangan.

Meski kerap rusak, Jalan Pawiyatan Luhur sangat vital yang menjadi penghubung Sampangan dan Jatingaleh. Jalan ini juga direncanakan sebagai rute yang dilalui angkutan feeder untuk mendekatkan bus rapid transit (BRT) dengan kawasan kampus yang berada di sekitar lokasi tersebut. (twy)

 

 

You might also like

Comments are closed.