Ketika Mahasiswa Undip Perangi Efek Buruk Gadget

METROSEMARANG.COM – Adam Yolanda tampak serius berbicara di depan puluhan siswa SMA 1 Sultan Agung Jalan MT Haryono Semarang, siang tadi Kamis (12/5). Ia lalu mengeluarkan buku sakunya dan menjelaskan satu persatu rentetan aksi berbahaya akibat pemakaian gadget.

Ia bilang gadget di masa kekinian justru lebih merugikan anak muda karena banyaknya fitur di dalamnya malah membuat si pemakai mengabaikan situasi di lingkungan sekitarnya. Ia menyebut ponsel bahkan mampu membunuh orang karena apapun yang dilakukan orang saat berselfie selalu abai terhadap keamanannya sehingga justru mencelakainya sendiri.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

“Nah sekarang kami ingin mengajari kalian semua bagaimana memakai gadget untuk hal-hal positif,” kata lelaki yang berkuliah di jurusan Ilmu Komunikasj Undip ini.

Menurut Adam, itu lebih baik ketimbang perangkat gadget hanya dipakai untuk hal-hal minor saja. Padahal, di sisi lain gadget seperti telepon genggam bisa dipakai untuk mengabadikan kondisi lingkungan agar bisa menginapirasi banyak orang.

“Bisa juga dipakai untuk video maker. Lalu diupload di youtube dan membuat kalian terkenal bahkan punya penghasilan sendiri,” akunya.

Untuk itulah, ia bersama teman-temannya seharian ini ingin sharing ilmu komunikasi agar pemanfaatan gadget di kalangan anak muda kekinian dapat dilakukan dengan cara positif.

Acara dialog menangkal kejahatan gadget yang diiniasi oleh mahasiswa diploma Komunikasi Undip dan lembaga peduli anak ini juga menampilkan berbagai trik jitu dalam menangkal cyber crime yang akhir-akhir ini marak terjadi di Indonesia.

Yusuf Ihsrin, mahasiswa lainnya dari Fisip Undip juga menilai bahwa kejahatan teknologi kini telah merusak perilaku generasi muda. “Banyak orang yang menyalahgunakan handphone hanya untuk menonton film berbau pornografi, memotret yang enggak penting sampai-sampai yang doyan selfie secara berlebihan. Ini harus dihentikan sekarang juga,” tegasnya. (far)

You might also like

Comments are closed.