Khusus Bulan Ini, Masuk Candi Gedongsongo Gratis!

METROSEMARANG.COM – Untuk meningkatkan minat masyarakat, Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Tengah membebaskan biaya masuk bagi para pengunjung di Candi Gedongsong, Kabupaten Semarang selama sebulan penuh.

Pengelolaan Candi Gedongso menggratiskan tiket masuk selama bulan Agustus. Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Pengelola Candi Gedongsongo tidak memungut biaya masuk bagi para wisatawan yang berlibur di kawasan candi khusus mulai tanggal 1 Agustus-30 Agustus nanti.

Menurut Ngatno, Pengawas BPCB Jateng Wilayah Candi Gedongsongo, program tersebut digelar dalam rangka merayakan HUT ke-72 Kemerdekaan RI.

Melalui kerjasama yang terjalin dengan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), pihaknya menggalakan kegiatan berwisata di situs-situs candi yang ada di kompleks Gedongsongo.

“Sehingga diharapkan mampu menarik minat masyarakat untui datang ke bangunan cadar budaya. Gedongsongo merupakan peninggalan bersejarah yang punya daya pikat sangat tinggi selama ini, jadi inilah kesempatan kita untuk membuka akses bagi masyarakat yang ingin berlibur secara gratis,” ungkap Ngatno saat ditemui di kompleks Candi Gedonsongo, Minggu (20/8).

Ia menyebut adanya program itu sejauh ini cukup ampuh untuk mengerek jumlah pengunjungnya. Tiap hari, lanjut Ngatno tingkat kunjungan wisatawan di Gedongsongo sangat tinggi.

“Jumlah pengunjungnya bervariasi rata-rata 200 orang lebih. Tetapi paling banyak saat weekend. Pengunjungnya naik 30 persen,” katanya.

Gedongsongo punya spot-spot menarik untuk dikunjungi. Para wisatawan bisa leluasa masuk ke arena outbond, menyusuri jalan-jalan setapak hingga menuju ke kompleks candi kesembilan hingga menikmati pemandian air panas yang berada tepat di lereng Gunung Ungaran.

Metrosemarang.com memantau jumlah wisatawan saat weekend cukup tinggi. Andi Antoni, seorang pengunjung mengaku senang bisa berwisata bersama keluarganya ke Gedongsongo.

Panorama yang indah, menurutnya tak boleh dilewatkan begitu saja. Terutama saat berjalan menyusuri candi-candi yang ada di dalamnya. “Habis jalan-jalan bisa makan sate kelinci, suasananya sangat akrab,” bebernya.

Selain Gedongsongo, akses masuk ke sejumlah candi dan museum lainnya juga digratiskan antara lain di Candi Sukuh dan Cetho Karanganyar, kawasan Candi Dieng di Banjarnegara, Candi Selogriyo di Magelang serta Candi Plaosan.

“Pengunjung yang masuk Monumen Nasional (Monas) juga gratis,” terang Ngatno lagi. (far)

You might also like

Comments are closed.