Kisah Buruh Pabrik di Semarang saat Membuat Jersey Timnas Inggris

METROSEMARANG.COM – Sebuah pabrik yang terletak di pojok kawasan berikat Pelabuhan Tanjung Emas Semarang, tiba-tiba disorot para penggila bola Tanah Air. Betapa tidak, pabrik milik PT Grand Best Indonesia itu jadi lokasi pembuatan kostum tim ‘Tiga Singa’ Inggris yang sebentar lagi berlaga di ajang Euro 2016.

Saat metrosemarang.com menyambangi pabrik Grand Best tersebut, sekilas tak ada yang beda dibanding pabrik-pabrik lainnya. Saat jam pulang kerja tiba, puluhan bahkan ratusan buruh berseragam hijau muda tampak semburat keluar dari dalam pabrik.

Dwi salah satunya. Begitu keluar pabrik pada Selasa (7/6) sore, ia langsung menuju pedagang sembako yang berjualan di depan pabrik. Sembari sibuk memilih bahan makanan, raut mukanya terlihat bungah tatkala pabriknya disebut-sebut memproduksi jersey Inggris. “Di pabrik saya memang banyak dapat orderan kostum bola dan baru saja menyelesaikan produksi kostum timnas Inggris,” katanya.

Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto
Foto: metrosemarang.com/fariz fardianto

Baginya berhasil membuat kostum tim sepakbola sekelas Inggris adalah sebuah kebanggaan. Dwi membayangkan jersey yang dibikin di Semarang itu bakal beredar luas di seantero jagad. Ia mengaku sempat melihat teman-temannya rajin menyelesaikan satu demi satu jahitan kostum yang nanti dipakai Wayne Rooney dan kawan-kawannya di turnamen paling bergengsi di Benua Biru tersebut.

Soal jam kerja yang diberlakukan di pabrik Grand Best Indonesia, ia bilang, “Kalau buat yang hamil, jam empat sore sudah boleh pulang. Tapi kalau untuk pegawai umum pulangnya nanti jam delapan malam dan delapan pagi,” akunya.

Dwi mengaku menikmati kerja di pabriknya. Ia tergolong pegawai anyar di pabrik sandang tersebut. “Baru delapan bulan saya kerja di bagian finishing. Ya kerjanya ngepak-ngepak pesanan sebelum diekspor,” jelasnya.

Hal senada diungkapkan buruh lainnya, sebut saja Endang. Ia juga membenarkan soal pesanan jersey timnas Inggris di pabriknya. “Iya memang dapat pesanan kostum bola kayak gitu,” katanya.

Sayangnya, metrosemarang tak dapat data rinci berapa jumlah buruh yang dipekerjakan oleh Grand Best Indonesia. Pun demikian soal kapasitas produksinya serta berapa banyak jumlah orderan yang diterima pabrik yang termasuk kategori perusahaan asing tersebut.

Namun, berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber menyebutkan jika PT Grand Best Indonesia mempekerjakan 2.215 pekerja, di mana 93 persen adalah wanita atau 2.060. Seluruhnya adalah pekerja lokal.

Jersey Timnas Inggris di Euro 2016. Foto: footyheadlines
Jersey Timnas Inggris di Euro 2016. Foto: footyheadlines

Jersey Timnas Inggris mendadak menjadi sorotan setelah The Sun memaparkan hasil investigasinya pada akhir pekan kemarin. Mereka menyoroti masalah upah yang diterima buruh PT GBI yang dinilai kurang layak. The Sun mengungkapkan jika gaji buruh PT GBI hanya 165 pounds atau setara Rp 3.198.555. Besaran gaji tersebut juga dibenarkan oleh buruh setempat.

The Sun menganggap gaji tersebut rendah karena mereka membandingkannya dengan gaji standar Eropa. The Sun juga membandingkannya dengan harga jersey yang mencapai 60 pounds atau Rp 1.163.100.

Nike sebelumnya telah mendapat sorotan terkait perlakuan mereka terhadap para pekerja pabrik-pabrik manufaktur pakaian dan perlengkapan olahraga. Perusahaan sekarang melakukan audit tahunan dari pabrik-pabrik mitra dan menerbitkan lokasi mereka di peta manufaktur. Namun, sejauh ini tidak temuan bahwa PT Grand Best Indonesia maupun PT Tuntex Garment Indonesia selaku perusahaan induk telah melakukan tindakan ilegal karena standar gaji sudah sesuai dengan upah minimum kota atau provinsi.

Jersey resmi skuat the Three Lions di Euro 2016 telah resmi dirilis pada Maret 2016 silam. Pasukan Roy Hodgson bakal mengenakan seragam kandang dengan warna tradisional putih dan kombinasi biru muda di kedua lengan. Satu set jersey dewasa dibanderol 101 pounds atau setara Rp 1.952.515, yang terdiri dari kaus (60 pounds), celana pendek 28 pounds dan kaus kaki 13 pounds.

Inggris yang menjadi salah satu unggulan, bakal mengawali Euro 2016 dengan meladeni Rusia pada Minggu (12/6) dinihari WIB.  (far)

 

You might also like

Comments are closed.